26.4 C
Indonesia
Kam, 22 Februari 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Kamis, 22 Februari 2024 | 19:03:45 WIB

    Sri Bandoro Sukses Gelar Workshop Film di Beberapa Metropolis Indonesia

    spot_img

    Jakarta | VoA – Dalam rangka mendukung keberagaman dan mempromosikan harmoni di tengah kebhinekaan, Creative Industry Hub ILUNI UI (CIHUI) berkomitmen untuk menciptakan iklim industri kreatif yang lebih baik dan maju.

    Salah satu langkah konkrit yang diambil oleh CIHUI adalah melalui penyelenggaraan ILUNI UI Movie Award Competition (IMAC) 2024, sebuah Festival Film Pendek yang bertujuan memberikan platform bagi para pembuat film muda untuk mengekspresikan gagasan mereka tentang harmoni dalam masyarakat yang beraneka ragam.

    Tema utama yang diangkat oleh IMAC 2024 adalah ‘Harmoni Dalam Kebhinekaan’, sebuah pesan persatuan Indonesia yang berlandaskan kearifan lokal melalui medium film. Dengan target sebanyak 200 film dari kategori mahasiswa dan masyarakat umum, festival ini menjadi wadah bagi talenta-talenta lokal seiring dengan perkembangan industri film di tanah air.

    Rangkaian acara IMAC 2024 tidak hanya terbatas pada kompetisi film pendek, tetapi juga melibatkan nonton bareng film-film dan workshop di berbagai kota di Indonesia, serta sebuah malam pemberian penghargaan (award night).

    Baca juga:  IMAC 2024 CIHUI, Panggung Inspirasi Film Pendek Muda Indonesia

    Workshop Film yang merupakan bagian integral dari IMAC 2024 telah berhasil dilaksanakan di beberapa kota besar di Indonesia. Dipimpin oleh Wakil Ketua CIHUI ILUNI UI, Sri Bandoro, dan Wakil Ketua IMAC Umar Dwi Turhangga, rangkaian workshop ini memberikan wawasan mendalam mengenai dunia film kepada para peserta.

    Sesi pertama workshop, dengan tema “Introduction to Film Production”, dilaksanakan di dua kota besar, Jakarta dan Bandung. Workshop pertama di Jakarta dihadiri oleh 500 peserta SMA di seluruh DKI Jakarta, dan di Bandung, di Aula FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia, diikuti oleh 200 peserta mahasiswa UPI dengan Pembukaan oleh Sri Bandoro (CIHUI ILUNI UI), Prof. Dr. Agus Mulyana, M. Hum (Dekan FPIPS UPI).

    Baca juga:  Dua Hal Ini Jadi Prioritas Veronica Wiwin Widarini

    Kedua workshop ini menghadirkan pembicara-pembicara terkemuka seperti Jovial da Lopez, Ketua Creative Industry Hub ILUNI UI, Gracello Yeshua, Creative Director Oddinary Creative, dan Avigayil Enautozoe Deiglori (Zoe), Asisten Sutradara sekaligus mentor penyutradaraan pada yayasan film Mondi Blanc.

    Workshop ketiga, yang diadakan di Aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Kota Cimahi, Bandung, menghadirkan 200 peserta siswa-siswi SMA, SMK, dan SLBN Sukapura di daerah Cimahi. Dengan tema yang tetap konsisten, workshop kali ini menghadirkan Anandia Nurita, seorang Produser Film yang juga menjadi salah satu Juri IMAC 2024, dan Gracello Yeshua, Creative Director Oddinary Creative.

    Diskusi melibatkan pembahasan tentang dunia film pendek, pembuatan film pendek dan panjang, serta menonton bersama film pendek dan trailer film panjang karya para narasumber.

    Sebagai tambahan inspiratif, narasumber-narasumber workshop juga memberikan quotes menginspirasi. Avigayil Enautozoe Deiglori (Zoe) menyampaikan, “Ketika membuat film, yang paling penting adalah kemauan untuk memiliki dan mengendalikan ego.” Gracello Yeshua, Creative Director Oddinary Creative, memberikan motivasi dengan mengatakan, “It’s a privilege menjadi anak muda, bisa kemana aja, melakukan apa aja, jalankan setiap peluang. Dobrak terus setiap peluang yang ada, gagal itu tidak apa-apa, gagal itu sebagai bekal.” Sementara itu, Anandia Nurita, Produser Film dan Juri IMAC 2024, mengingatkan, “Don’t forget to have fun when you making a film.”

    Baca juga:  Proyek Pemagaran Kantor Desa Sidoko Kecamatan Gunung Kaler Diduga Abaikan KIP

    Dengan dukungan dari narasumber-narasumber profesional di dunia film, IMAC 2024 tidak hanya menjadi sebuah kompetisi, tetapi juga sebuah perjalanan mendalam ke dalam dunia perfilman yang kreatif dan inspiratif. Rangkaian workshop ini akan terus diselenggarakan di beberapa kota besar lainnya di Indonesia, membawa semangat harmoni melalui film dan mendukung talenta-talenta kreatif masa depan. (ed)

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    eSIM XL Tidak Ada Layanan, Solusi Mengatasinya

    Di era digital ini, kemajuan teknologi semakin memudahkan kita dalam berkomunikasi dan berselancar di dunia maya. Salah satu perkembangan terbaru adalah penggunaan eSIM, yang...

    Korban Penganiayaan di Depok, Gegara Menegur Buang Sampah di Bantaran Kali “Lapor Polisi”

    Depok | VoA - Pengusaha konveksi berinisial JN dilaporkan ke Polisi oleh Solihin (60) terkait penganiayaan yang dilakukan oleh JN, gegara JN tidak terima...

    Update Kondisi Solihin Korban Penganiayaan Joni Pengusaha Konveksi di Depok Memperihatinkan

    Depok | VoA - Setelah mendapatkan perawatan di rumah, kondisi Solihin korban penganiayaan pengusaha konveksi (Joni) semakin memburuk. "Pelaku memukuli korban secara terus-menerus ke arah...

    Ketum FGSNI dan Aksi Demo Memperjuangkan Anggaran Inpassing Tahun 2023

    Jakarta | VoA - Pada tanggal 13 Februari 2023, suasana gedung FGSNI dipenuhi semangat perjuangan. Ketua Umum FGSNI, Agus Mukhtar, bersama Kasubdit GTK RI,...

    Dampak Kekecewaan Konsumen Terhadap Pembangunan Perumahan PT Rumahku Surgaku Berbuntut Gugatan ke Pengadilan

    Tangerang | VoA - Pembangunan perumahan yang dipasarkan oleh PT Rumahku Surgaku melalui PT Fidemarko Maruchi Perkasa menimbulkan gelombang kekecewaan di kalangan konsumen. Ketidakpuasan...

    Akhirnya Bawaslu Sultra Beli Rekomendasi 19 PSU dan 2 PSL

    Kendari | VoA –Akhirnya Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, ada 19 rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan dua Pemungutan Suara...
    Berita terbaru
    Berita Terkait