close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.1 C
Jakarta
Rabu, Juli 24, 2024

Strategi Jitu Jamsostek dalam Menangkal Kemiskinan Ekstrim di Depok

spot_img

Depok | VoA – Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) telah menjadi salah satu strategi utama dalam upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim dan pencegahan kemiskinan bagi pekerja serta keluarganya.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Achiruddin, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Depok, pada acara Ngopi Bareng (Ngobar) SWI yang diselenggarakan oleh Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kota Depok di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok, Rabu (31/1/2024).

Dalam Ngobar SWI dengan tema “Perlindungan Jamsostek Mencegah Meningkatnya Kemiskinan Ekstrim,” Achiruddin menyoroti bahwa Jamsostek mampu mencegah pekerja dan keluarganya jatuh ke dalam kemiskinan baru, terutama saat mengalami guncangan ekonomi akibat kecelakaan kerja atau krisis ekonomi, termasuk PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Baca juga:  Lurah Cilangkap Apresiasi PJL oleh Pokmas Bangun Jaya Generasi 13

“Khususnya ketika pekerja mengalami guncangan ekonomi akibat kecelakaan kerja atau krisis ekonomi, termasuk PHK,” ujar Aciruddin.

Achiruddin juga menekankan pentingnya perlindungan pekerja sejak usia produktif bekerja, yang dapat diakses dengan mudah oleh semua pekerja, baik yang berada di sektor formal maupun informal.

“BPJamsostek memberikan cakupan kepesertaan untuk berbagai jenis pekerja, termasuk Pekerja Penerima Upah (PU), Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU), Pekerja Jasa Konstruksi (Jakon), dan Pekerja Migran,” tuturnya.

Meskipun BPJamsostek di Kota Depok baru mencakup sekitar 37 persen dari jumlah pekerja, Achiruddin menyatakan komitmen untuk terus meningkatkan kepesertaan Jamsostek bagi pekerja di kota tersebut. Kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk para wartawan, dianggap sebagai langkah kunci untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem di Kota Depok.

Baca juga:  Hadiri Raker MUI Kecamatan Cilodong, H.Bambang Sutopo: Al Ulama Warasatul Anbiya

“Untuk menumbuhkan harapan itu, maka kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk para wartawan sangat diperlukan guna membantu percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem khususnya di kota Depok,”ungkap Achiruddin.

Ditempat yang sama, Ambar Hardijanti.W, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Jaminan Sosial dan bencana (Linjamsoscana) Dinas Sosial yang juga menjadi narasumber acara, menyampaikan bahwa tingkat kemiskinan di Kota Depok terus mengalami penurunan.

“Tahun ini angka kemiskinan Kota Depok 2,38 persen. Menempati peringkat keempat secara nasional daerah tingkat kemiskinan terendah,” ujar Ambar.

Baca juga:  Proyek Pengaspalan RW 10 Cimpaeun, Begini Spesifikasi dan Pelaksanaannya

Lebih cermat dikatakannya, penduduk miskin diukur berdasarkan data Susenas, dengan menggunakan garis kemiskinan (GK) yang merupakan penjumlahan dari garis kemiskinan makanan (GKM) dan garis kemiskinan non-makanan (GKNM), jelasnya.

Dengan demikian, Jamsostek dan upaya pencegahan kemiskinan yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk instansi pemerintah dan media, memiliki peran penting dalam menumbuhkan harapan untuk mengatasi tantangan kemiskinan ekstrim di Kota Depok. Kolaborasi lintas sektor diharapkan dapat menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai target penghapusan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Depok. (ed)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait