27.4 C
Indonesia
Ming, 25 Februari 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Minggu, 25 Februari 2024 | 15:24:21 WIB

    Aliansi LSM Pendidikan Silaturahmi ke 11 K3S di Kota Depok

    spot_img
    Depok | VoA – Dalam upaya memperkuat sinergi dan memahami lebih dekat keadaan di lapangan, Aliansi LSM Pendidikan yang terdiri dari lebih dari 10 LSM yang fokus pada bidang pendidikan, melaksanakan kunjungan ke Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) di sebelas kecamatan yang berada di wilayah Kota Depok. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Aliansi Mulyadi Pranowo, didampingi oleh Sekretaris, Anwar Yudiono dan Bendahara, Cici Yunia.
    Menurut Mulyadi Pranowo, kunjungan ke K3S Kecamatan menjadi langkah awal untuk mengenali lebih dekat dan lebih baik para Kepala Sekolah.
    “Selama ini, nama-nama mereka sudah dikenal, tetapi wajah dan realitas di lapangan belum sepenuhnya terpahami. Dengan kunjungan ini, Kami, Aliansi LSM Pendidikan berharap dapat membangun hubungan yang lebih erat dan memahami tantangan serta kebutuhan pendidikan di tingkat bawah,” ujar Mulyadi, Selasa (06/02/2024).

    Lebih lanjut di katakannya, salah satu fokus utama kunjungan adalah mendengarkan aspirasi dari K3S terkait sumber dana pendidikan, penggunaan dana pendidikan, serta kondisi sarana dan prasarana pendidikan. Dan yang utama terkait sejauh mana peran Pemerintah Daerah dalam mendukung wajib belajar 9 tahun dan menyediakan sarana pendidikan yang sesuai standar.

    Baca juga:  Perumahan Ilegal Menjamur di Kota Depok

    “Informasi-informasi yang dihimpun akan disampaikan langsung ke Kepala Dinas Pendidikan untuk dapat dijadikan masukan dalam membuat kebijakan dan usulan tersebut menjadi prioritas penyelesaiannya,” tuturnya.

    Mulyadi juga memberikan imbauan positif terkait pengelolaan Bantuan Dana Operasional Sekolah (BOS).

    “Dana BOS harus digunakan sesuai dengan Nomenklatur yang diatur dalam juknis, tercantum dalam RAKS atau ARKAS. Semua pembelanjaan harus dilakukan dengan tertib dan dapat dipertanggungjawabkan,” tandasnya.

    Baca juga:  14 Strategi Disdik Depok untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

    Ia juga memperingatkan agar kepala sekolah memantau dengan cermat setiap pembelanjaan yang di pesan.

    “Jangan sampai ada dalam surat pesanan belanja 100 dikirim hanya 50, tapi tagihan tetap 100, belanja barang Elektronik yg yang speknya standar A dikirim barang yg speknya standar B. Bila kondisi ini ada itu bisa jadi temuan dan pelanggaran hukum. Maka Aliansi wanti-wanti Bapak dan ibu kepala sekolah mengawasi setiap pembelanjaan yang dipesan, sebagai bentuk pengawasan melekat (waskad) agar tidak terjadi temuan,” tegas Mulyadi.

    Dia juga mengungkapkan, bahwa, Aliansi LSM Pendidikan telah berkoordinasi dengan Inspektorat Daerah (Irda) untuk meningkatkan bimbingan terhadap Kepala Sekolah dan operator sekolah guna meningkatkan pengelolaan keuangan. Hal ini bertujuan agar tidak ada kepala sekolah atau pejabat dinas yang terlibat dalam masalah hukum karena masalah keuangan.

    Baca juga:  LPM Cilangkap Sebut Hasil Kerja Pokmas Bikin Puas

    Lebih lanjut, Aliansi berharap adanya optimalisasi peran Pengawas Pendidikan. “Menurut kami pengawas ibarat Dokter spesialis, maka harus tahu anatomi sekolah binaannya, tahu kekurangganya dan untuk mencapai standar pendidikan, maka pengawas juga harus tahu cara pengobatannya. Dan yang penting Pengawas harus punya solusi dan atau menyampaikan solusi ke Atasannya sampai ke Kepala Dinas Pendidikan, bila tidak mungkin diselesaikan pengawas sendiri yang disertai data tiap-tiap sekolah binaannya,” ucap Mulyadi.

    Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang dikunjungi meliputi Kecamatan Sawangan, Bonjongsari, Limo Cinere, Beji, Sukmajaya, Cimanggis, Tapos, Cilodong, Pancoran Mas, dan Cipayung. Semoga langkah konkret ini dapat memberikan kontribusi positif untuk perbaikan sistem pendidikan di tingkat daerah. (ed)

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    eSIM XL Tidak Ada Layanan, Solusi Mengatasinya

    Di era digital ini, kemajuan teknologi semakin memudahkan kita dalam berkomunikasi dan berselancar di dunia maya. Salah satu perkembangan terbaru adalah penggunaan eSIM, yang...

    Korban Penganiayaan di Depok, Gegara Menegur Buang Sampah di Bantaran Kali “Lapor Polisi”

    Depok | VoA - Pengusaha konveksi berinisial JN dilaporkan ke Polisi oleh Solihin (60) terkait penganiayaan yang dilakukan oleh JN, gegara JN tidak terima...

    Update Kondisi Solihin Korban Penganiayaan Joni Pengusaha Konveksi di Depok Memperihatinkan

    Depok | VoA - Setelah mendapatkan perawatan di rumah, kondisi Solihin korban penganiayaan pengusaha konveksi (Joni) semakin memburuk. "Pelaku memukuli korban secara terus-menerus ke arah...

    Menduga Kecurangan Rekapitulasi” Ning Lia Minta KPU Hapus Suara Siluman DPD RI di Sirekap Jatim

    Surabaya | VoA - Dugaan kecurangan sistemik dari Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi) KPU sebabkan jumlah pemilih di satu TPS tertulis lebih dari ratusan pemilih....

    Ketum FGSNI dan Aksi Demo Memperjuangkan Anggaran Inpassing Tahun 2023

    Jakarta | VoA - Pada tanggal 13 Februari 2023, suasana gedung FGSNI dipenuhi semangat perjuangan. Ketua Umum FGSNI, Agus Mukhtar, bersama Kasubdit GTK RI,...

    Dampak Kekecewaan Konsumen Terhadap Pembangunan Perumahan PT Rumahku Surgaku Berbuntut Gugatan ke Pengadilan

    Tangerang | VoA - Pembangunan perumahan yang dipasarkan oleh PT Rumahku Surgaku melalui PT Fidemarko Maruchi Perkasa menimbulkan gelombang kekecewaan di kalangan konsumen. Ketidakpuasan...
    Berita terbaru
    Berita Terkait