close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

31.2 C
Jakarta
Kamis, Juli 11, 2024

Perhitungan Cepat KawalPemilu 2024, Prabowo-Gibran Dominasi Suara di Sulawesi Tenggara

spot_img

Kendari | VoA – Perhitungan cepat atau quick count terus dilakukan oleh berbagai lembaga, dan KawalPemilu 2024 turut serta dalam memantau jalannya pesta demokrasi di wilayah Sulawesi Tenggara. Berdasarkan update terbaru dari KawalPemilu 2024, pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo-Gibran, unggul di wilayah ini, sementara paslon nomor urut 3 berada pada posisi terendah, Kamis (15/02/2024)

Menurut data yang diperoleh pada Rabu (14/2/2024) pukul 23.07 WITA, cakupan jaga di Sulawesi Tenggara mencapai 9,28 persen dari total Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada.

Hasil quick count KawalPemilu 2024 menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran meraih 63,33 persen suara, disusul oleh paslon nomor urut 1, Anies-Cak Imin, dengan 30,77 persen, dan paslon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, dengan 5,90 persen.

Baca juga:  Program Makan Siang Gratis, Janda Lansia Berharap Dilibatkan dan Persyaratannya Tidak Rumit

Di sejumlah lokasi, Prabowo-Gibran mendominasi perolehan suara, termasuk di lokasi yang menjadi tempat Ketua Tim Pemenangan Daerah, Ali Mazi, mencoblos. Di TPS 22 Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, paslon Prabowo-Gibran meraih 120 suara, sementara paslon Anies-Muhaimin hanya memperoleh 98 suara.

Ketua DPW Nasdem Sultra, Ali Mazi, yang juga Ketua Tim Pemenangan AMIN di Sulawesi Tenggara, menyatakan bahwa paslon nomor urut 1 kalah dalam penghitungan suara di TPS tersebut.

Namun, tidak hanya di TPS 22, Prabowo-Gibran juga berhasil meraih kemenangan tipis di TPS 31 Kelurahan Bende Kota Kendari. Paslon nomor urut 2 unggul dengan 62 suara, sementara paslon Anies-Muhaimin hanya memperoleh 61 suara, dan paslon Ganjar-Mahfud hanya mendapat 14 suara.

Baca juga:  Suara PDIP Merosot, Hendrik Tangke Allo: Menunggu Real Count Resmi dari KPU

Hasil yang berimbang terlihat pula di TPS 10 Kelurahan Anduonohu, Kota Kendari. Ketua Tim Pemenangan Daerah Paslon 03, Andi Sumangerukka, mencoblos di TPS ini dan menyatakan bahwa paslon Ganjar-Mahfud MD hanya mendapatkan 22 suara dari total 179 pemilih yang menggunakan hak pilihnya.

Situs KawalPemilu.org kembali beroperasi menjelang Pemilu 2024, menyediakan informasi hasil rekapitulasi penghitungan suara berbasis urun-daya (crowdsourcing). Dengan semangat transparansi, situs ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mengawal pelaksanaan dan penghitungan hasil Pemilu di setiap TPS se-Indonesia. Inisiatif non-partisan ini, yang digagas oleh Ainun Najib sejak 2014, bertujuan untuk menjaga suara rakyat dengan teknologi real count cepat dan akurat.

Baca juga:  Depok, Tuan Rumah Bergengsi Pekan Olahraga Pelajar Jawa Barat 2024

Semakin banyak orang yang berpartisipasi dengan mengunggah foto hasil hitung Pilpres dari tiap TPS di situs KawalPemilu.org, semakin besar transparansi di setiap lokasi pemilihan.

Dengan demikian, hasil tabulasi nasional dapat mendekati kebenaran, sesuai dengan prinsip bahwa data C.HASIL-PPWP merupakan hak publik untuk diketahui oleh seluruh masyarakat. KawalPemilu.org berharap menjadi tempat untuk mencocokan data dari TPS hingga tingkat nasional, memampukan masyarakat untuk memonitor pergerakan perolehan suara di setiap Pemilu. (NS)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait