26.4 C
Indonesia
Ming, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Minggu, 21 April 2024 | 9:55:30 WIB

    Ketua Bawaslu Depok Bahas Isu Pemenang Caleg DPRD Depok yang Viral

    spot_img

    Depok | VoA – Belakangan ini, ramai beredar informasi mengenai hasil rekapitulasi suara dengan calon legislatif (caleg) yang berhasil lolos di enam daerah pemilihan (dapil) di Kota Depok di grup whatsapp. Kabar ini ternyata menemui sorotan dan klarifikasi dari Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Depok, Fathul Arif.

    Fathul Arif menegaskan bahwa informasi tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. Dia menjelaskan bahwa rekapitulasi suara dilakukan secara berjenjang, dimulai dari tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga pada pleno penetapan di tingkat kota. Proses tersebut masih berlangsung, dan kebenaran hasil rekapitulasi belum dapat dipastikan.

    Baca juga:  Sukses! Polres Metro Depok Ungkap Jaringan Pencurian Kendaraan Bermotor

    “Proses rekapitulasi yang dilakukan oleh teman-teman KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan jajaran masih berlangsung di PPK hingga nanti pleno penetapan di tingkat kota,” ujar Fathul Arif di kutip pada Senin (19/02/2024)

    Oleh karena itu, Arif meminta agar masyarakat bersabar dan menunggu hasil rekapitulasi suara yang dilakukan oleh KPU Depok.

    Lebih lanjut, Ketua Bawaslu Kota Depok berharap agar peserta pemilu, tim sukses, relawan, dan masyarakat secara umum tidak menyebarkan informasi yang belum jelas sumber dan kebenarannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah misinformasi di masyarakat dan di kalangan peserta pemilu.

    Baca juga:  Peringatan HPN ke-78 dan Walimatul Waqiroh, MT. Qurrota A’yun Ciptakan Pengajian Rutin yang Penuh Makna

    “Kami berharap agar informasi yang belum pasti kebenarannya tidak disebarluaskan, karena akan terjadi misinformasi di masyarakat maupun peserta pemilu, hingga nantinya dikhawatirkan terjadi dinamika saat penetapan dari KPU Depok,” tegas Fathul Arif.

    Arif juga mengimbau agar masyarakat bersabar dan terus memantau pergerakan suara di setiap kecamatan. “Kawal suara kita, biarkan rekapitulasi suara berproses, dan hormati teman-teman di KPU Depok yang sedang melaksanakan tugasnya,” ucapnya.

    Baca juga:  Persiapan BINWIL  2024, Kades Gunung Kaler Bersama Babinsa Kormail-07 Kresek Lakukan Kerja Bakti

    Fathul Arif juga menyampaikan bahwa Panwaslu se-Kota Depok saat ini sedang melakukan rekapitulasi hasil suara di tingkat kecamatan. Namun, ada kendala teknis karena aplikasi penghitungan dari KPU, yaitu SiRekap, sedang dalam masa maintenance atau belum dapat diakses untuk input data.

    “Jadi saat ini sedang menunggu alat kerja manual dari KPU Depok,” ungkap Arif.

    “Saya mengingatkan peserta pemilu dan masyarakat untuk bersabar menunggu hasil rekapitulasi suara yang dilaksanakan KPU Kota Depok,” tambahnya. (ed)

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

    Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

    Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

    Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

    Babak Baru Kriminalisasi Pejuang Buruh Perempuan Jawa Timur

    Surabaya | VoA - Dwi merupakan buruh perempuan yang bekerja di PT. Mentari Nawa Satria atau dikenal Kowloon Palace Surabaya pada bagian staff accounting dengan...

    Kiprah Khofifah di Dunia Politik dari Gus Dur Hingga Jokowi Berikut Keponakannya, Lia Istifhama

    Surabaya | VoA- Jika Anda seorang yang menyukai sejarah, maka wanita ini menjadi salah satu yang patut anda selisik lagi kehebatannya dalam sejarah politik...

    Korban Penganiayaan di Depok, Gegara Menegur Buang Sampah di Bantaran Kali “Lapor Polisi”

    Depok | VoA - Pengusaha konveksi berinisial JN dilaporkan ke Polisi oleh Solihin (60) terkait penganiayaan yang dilakukan oleh JN, gegara JN tidak terima...

    Ketua DPC PDI-Perjuangan Mubar Siap Maju di Pilkada Mubar

    MUBAR| VoA - Meski Pleno KPU Kabupaten Muna Barat belum selesai dilaksanakan tapi sudah bisa dipastikan pada pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)...
    Berita terbaru
    Berita Terkait