close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

31.2 C
Jakarta
Kamis, Juli 11, 2024

Ketua Bawaslu Depok Bahas Isu Pemenang Caleg DPRD Depok yang Viral

spot_img

Depok | VoA – Belakangan ini, ramai beredar informasi mengenai hasil rekapitulasi suara dengan calon legislatif (caleg) yang berhasil lolos di enam daerah pemilihan (dapil) di Kota Depok di grup whatsapp. Kabar ini ternyata menemui sorotan dan klarifikasi dari Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Depok, Fathul Arif.

Fathul Arif menegaskan bahwa informasi tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. Dia menjelaskan bahwa rekapitulasi suara dilakukan secara berjenjang, dimulai dari tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga pada pleno penetapan di tingkat kota. Proses tersebut masih berlangsung, dan kebenaran hasil rekapitulasi belum dapat dipastikan.

Baca juga:  DPD SWI Kota Depok Gelar Dialog Publik Bahas Perpres Publisher Rights dan Kualitas Jurnalisme

“Proses rekapitulasi yang dilakukan oleh teman-teman KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan jajaran masih berlangsung di PPK hingga nanti pleno penetapan di tingkat kota,” ujar Fathul Arif di kutip pada Senin (19/02/2024)

Oleh karena itu, Arif meminta agar masyarakat bersabar dan menunggu hasil rekapitulasi suara yang dilakukan oleh KPU Depok.

Lebih lanjut, Ketua Bawaslu Kota Depok berharap agar peserta pemilu, tim sukses, relawan, dan masyarakat secara umum tidak menyebarkan informasi yang belum jelas sumber dan kebenarannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah misinformasi di masyarakat dan di kalangan peserta pemilu.

Baca juga:  Jokowi Resmikan Tol Cinere-Pamulang-Raya Bogor, Nilai Investasinya Capai Rp. 4 Triliun

“Kami berharap agar informasi yang belum pasti kebenarannya tidak disebarluaskan, karena akan terjadi misinformasi di masyarakat maupun peserta pemilu, hingga nantinya dikhawatirkan terjadi dinamika saat penetapan dari KPU Depok,” tegas Fathul Arif.

Arif juga mengimbau agar masyarakat bersabar dan terus memantau pergerakan suara di setiap kecamatan. “Kawal suara kita, biarkan rekapitulasi suara berproses, dan hormati teman-teman di KPU Depok yang sedang melaksanakan tugasnya,” ucapnya.

Baca juga:  Keren! 160 Pelajar SIT Ruhama Depok Hafal Alquran, Serta Mahir dalam Bacaan Ghorib dan Tajwid Tartil

Fathul Arif juga menyampaikan bahwa Panwaslu se-Kota Depok saat ini sedang melakukan rekapitulasi hasil suara di tingkat kecamatan. Namun, ada kendala teknis karena aplikasi penghitungan dari KPU, yaitu SiRekap, sedang dalam masa maintenance atau belum dapat diakses untuk input data.

“Jadi saat ini sedang menunggu alat kerja manual dari KPU Depok,” ungkap Arif.

“Saya mengingatkan peserta pemilu dan masyarakat untuk bersabar menunggu hasil rekapitulasi suara yang dilaksanakan KPU Kota Depok,” tambahnya. (ed)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait