23.4 C
Indonesia
Ming, 14 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Minggu, 14 April 2024 | 19:01:39 WIB

    14 Strategi Disdik Depok untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

    spot_img

    Depok | VoA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok melaksanakan Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Pendidikan Kota Depok dengan membahas tema utama, yaitu Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Pemerataan Layanan Pendidikan untuk Mewujudkan Kota Depok yang Maju, Berbudaya, dan Sejahtera. Kegiatan tersebut diadakan di Pesona Square Depok lantai 4, Jum’at (23/02/2024)

    Dalam menghadapi tantangan pendidikan, Dinas Pendidikan Kota Depok telah merancang 14 strategi pencapaian kinerja untuk tahun 2025. Strategi ini mencakup peningkatan kualitas layanan, peningkatan akuntabilitas pengelolaan, perluasan dan pemerataan pelayanan dinas, penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan, peningkatan akses untuk peserta dari sekolah swasta melalui bantuan pembiayaan pendidikan, dan penguatan pendidikan karakter untuk mendukung profil pelajar Pancasila.

    Baca juga:  Ratusan Pemuka Agama Se-Depok Deklarasikan Dukung Prabowo-Gibran

    Tak hanya itu, strategi ini juga mencakup pemenuhan sarana dan prasarana, termasuk untuk siswa berkebutuhan khusus, peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, implementasi kurikulum merdeka, peningkatan gaji pendidik dan tenaga honorer, penanganan stunting pada anak usia dini, penyelesaian permasalahan penahanan ijazah peserta Disdik swasta, penanganan anak putus sekolah, dan peningkatan kolaborasi dengan stakeholder pendidikan.

    Dalam rangka mencapai visi ini, Dinas Pendidikan Kota Depok merinci 3 program, 13 kegiatan, dan 101 sub kegiatan yang akan diimplementasikan pada tahun 2025 mendatang.

    Baca juga:  Haknya Dirampas, Halomoan Gultom Lakukan Gugatan Hukum

    Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok, Sutarno, menegaskan bahwa langkah-langkah konkrit yang diambil didasarkan pada kebutuhan dan proporsional anggaran yang tersedia.

    “Pelaksanaan optimalisasi layanan pendidikan secara bertahap, sesuai dengan arah kebijakan, tentunya juga harus menampung aspirasi masyarakat dalam bidang pendidikan, serta penyesuaian anggaran sehingga tepat sasaran,” ungkap Sutarno dalam sambutannya di Forum Renja Disdik Kota Depok.

    Optimalisasi layanan pendidikan, menurut Sutarno, akan difokuskan pada dua sasaran utama, yakni peningkatan layanan pendidikan di sekolah dan peningkatan kualitas pendidikan masyarakat.

    “Dengan fokus pada dua aspek ini, diharapkan dapat tercapai perubahan mutu pendidikan secara lebih strategis,” ucapnya.

    Baca juga:  Hadiri Raker MUI Kecamatan Cilodong, H.Bambang Sutopo: Al Ulama Warasatul Anbiya

    Sutarno juga menyoroti peningkatan akses layanan pendidikan yang melibatkan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Ini diharapkan dapat mendukung proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah dengan fasilitas yang memadai sesuai standar pendidikan.

    Acara ini dihadiri oleh Staf Ahli, Wijayanto, yang mewakili Walikota Depok dan membuka acara Forum Renja OPD Disdik Kota Depok. Hadir juga perwakilan dari OPD, anggota Dewan Komisi D, dan berbagai elemen masyarakat. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, Dinas Pendidikan Kota Depok berharap dapat mewujudkan visi Kota Depok yang maju, berbudaya, dan sejahtera melalui peningkatan mutu pendidikan. (Edh)

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

    Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

    Ketua DPC PDI-Perjuangan Mubar Siap Maju di Pilkada Mubar

    MUBAR| VoA - Meski Pleno KPU Kabupaten Muna Barat belum selesai dilaksanakan tapi sudah bisa dipastikan pada pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)...

    Korban Penganiayaan di Depok, Gegara Menegur Buang Sampah di Bantaran Kali “Lapor Polisi”

    Depok | VoA - Pengusaha konveksi berinisial JN dilaporkan ke Polisi oleh Solihin (60) terkait penganiayaan yang dilakukan oleh JN, gegara JN tidak terima...

    Kiprah Khofifah di Dunia Politik dari Gus Dur Hingga Jokowi Berikut Keponakannya, Lia Istifhama

    Surabaya | VoA- Jika Anda seorang yang menyukai sejarah, maka wanita ini menjadi salah satu yang patut anda selisik lagi kehebatannya dalam sejarah politik...

    Babak Baru Kriminalisasi Pejuang Buruh Perempuan Jawa Timur

    Surabaya | VoA - Dwi merupakan buruh perempuan yang bekerja di PT. Mentari Nawa Satria atau dikenal Kowloon Palace Surabaya pada bagian staff accounting dengan...

    Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

    Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
    Berita terbaru
    Berita Terkait