26.4 C
Indonesia
Ming, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Minggu, 21 April 2024 | 9:40:15 WIB

    Dinilai Ada Kecurangan, KPU Depok Diontrog Parpol

    spot_img

    Depok | VoA – Kader dan relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Depok menggelar demonstrasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok. Dalam aksi tersebut, PKS menyoroti kasus dugaan penggelembungan suara di Kota Depok, dan menegaskan pentingnya sikap jujur, adil, dan transparan dari pihak penyelenggara pemilu, Rabu (06/03/2024)

    Ahmad Fatoni, juru bicara DPD Partai PKS Kota Depok, meminta KPU Kota Depok bersikap jujur, transparan, dan tidak melakukan tindakan curang dalam wilayah 3 kecamatan, yaitu Sawangan, Sukmajaya, dan Tapos.

    Aliansi Rakyat yang tergabung dalam PKS Kota Depok juga menekankan pentingnya integritas penyelenggara pemilu dan mengancam akan membawa massa yang lebih besar apabila aspirasi mereka tidak didengarkan.

    Baca juga:  Fungsi Pengawasan Pemkot Jadi Sorotan di Reses Dewan

    Usai pertemuan dengan Ketua KPUD Kota Depok Politisi PKS, Ade Firmansyah, mengungkapkan hasil pertemuan.

    “Kami ingin pemilu di Kota Depok ini jujur dan adil, jadi optimisme itu kita dapat langsung dari kepalanya, jika ada unsur-unsur di badan-badannya ada yang busuk beliau siap obati,” kata Ade.

    “Aksi kita diawali dari bukti dokumen C1 hasil kita yang lengkap di setiap TPS, sehingga kita bisa mengetahui perubahan atau penggelembungan suara di beberapa TPS,” tambahnya.

    Sementara itu, Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan upaya pencermatan terkait isu-isu yang disampaikan oleh PKS.

    “Terkait hal-hal yang telah disampaikan, kita telah melakukan upaya-upaya pencermatan. Mudah-mudah kita bisa selesaikan hari ini dan lanjutkan proses rekapitulasi tingkat Kota dan Kabupaten,” ujar Willi.

    Baca juga:  Mediasi Gagal, Penggugat Pastikan Gugatan Terhadap PT. ACP Terus Berlanjut

    Sebelumnya, Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono menyuarakan dugaan adanya oknum penyelenggara pemilu yang berupaya menggelembungkan suara untuk kepentingan pihak lain.

    “Saya mendapat laporan dari tim. Tadi malam ada ditemukan penggelembungan suara salah satu partai di Kecamatan Sukmajaya,” ujar Imam dalam keterangan yang diterima kemarin, Selasa (05/03/2024).

    Menurut Imam, melihat kasus ini, pihaknya tidak akan tinggal diam. PKS Kota Depok bakal melaporkan penyelenggara Pemilu yang nakal dan membela kandidat tertentu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

    “Kami minta agar seluruh warga mencegah kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif. Media harus juga berperan mencegah kecurangan Pemilu yang disinyalir dikerjakan oleh oknum pihak penyelenggara Pemilu,” tegasnya.

    Baca juga:  Kampanye Akbar Gerindra di Depok Gaungkan Program Anak Sehat Indonesia Maju

    Untuk diketahui, ratusan massa dari PKS hadir di Kantor KPUD Kota Depok menolak pemilu curang dan matinya demokrasi. Demonstrasi tersebut dipicu oleh dugaan penggelembungan suara dari salah satu partai politik, sehingga 2 kursi yang berdasarkan C1 PKS di raih Caleg PKS dari daerah pemilihan (Dapil) Kota Depok dan Bekasi yang akan meraih 2 kursi DPR RI yakni Mahfud Abdurrahman dan Muhammad Kholid tergerus. Dalam aksi tersebut Massa meminta untuk memecat penyelenggara dan oknum PPK yang memanipulasi data suara. (Ed)

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

    Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

    Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

    Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

    Babak Baru Kriminalisasi Pejuang Buruh Perempuan Jawa Timur

    Surabaya | VoA - Dwi merupakan buruh perempuan yang bekerja di PT. Mentari Nawa Satria atau dikenal Kowloon Palace Surabaya pada bagian staff accounting dengan...

    Kiprah Khofifah di Dunia Politik dari Gus Dur Hingga Jokowi Berikut Keponakannya, Lia Istifhama

    Surabaya | VoA- Jika Anda seorang yang menyukai sejarah, maka wanita ini menjadi salah satu yang patut anda selisik lagi kehebatannya dalam sejarah politik...

    Korban Penganiayaan di Depok, Gegara Menegur Buang Sampah di Bantaran Kali “Lapor Polisi”

    Depok | VoA - Pengusaha konveksi berinisial JN dilaporkan ke Polisi oleh Solihin (60) terkait penganiayaan yang dilakukan oleh JN, gegara JN tidak terima...

    Ketua DPC PDI-Perjuangan Mubar Siap Maju di Pilkada Mubar

    MUBAR| VoA - Meski Pleno KPU Kabupaten Muna Barat belum selesai dilaksanakan tapi sudah bisa dipastikan pada pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)...
    Berita terbaru
    Berita Terkait