close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.3 C
Jakarta
Selasa, Juli 16, 2024

BPN Kota Depok Jelaskan Keunggulan Pemetaan Geospasial 3D

spot_img

Depok | VoA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) terus memperkuat upayanya dalam mendorong pemetaan geospasial 3D.

Hal ini terbukti dengan inisiatif yang diambil oleh Kantor Pertanahan Kota Depok dalam melakukan pemetaan foto udara dan Light Distance And Ranging (LiDAR) pada tanggal 4 Juni 2024.

Kepala BPN Kota Depok, Indra Gunawan, menjelaskan bahwa pemetaan geospasial 3D memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan sebuah kota metropolis seperti Depok.

“Dengan pertumbuhan pembangunan infrastruktur yang terus menggeliat, pemetaan geospasial 3D menjadi kunci untuk memahami dan merencanakan pembangunan secara efektif,”ujar Indra.

Indra Gunawan menjelaskan, bahwa pemetaan geospasial 3D tidak sekadar tentang pengukuran tanah, tetapi juga tentang mengungkap potensi kehidupan yang akan berkembang di atasnya.

Baca juga:  Jalan Poros Desa Kedung Terabaikan, Kerusakan Makin Memburuk

“Dalam setiap titik koordinat, ada cerita. Dalam setiap lapisan data, ada harapan,” ucap Indra Gunawan.

Pemetaan geospasial 3D juga memberikan informasi visualisasi data yang mendetail dan akurat.

“Ini menjadi dasar pengambilan keputusan dalam perencanaan, pembangunan, dan operasional infrastruktur Kota Depok,” kata Indra.

Selain itu, sambungnya, pemetaan geospasial 3D juga berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan daerah. Dengan akurasi data yang tinggi, pemetaan 3D menyediakan representasi yang lebih akurat dari kondisi fisik bumi dan bangunan.

“Ini memungkinkan pemerintah daerah, seperti Pemkot Depok, untuk memiliki data yang lebih tepat mengenai luas dan nilai properti. Dengan informasi yang lebih akurat, pemerintah daerah dapat memperbarui basis data pajak bumi dan bangunan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dari sektor ini,” jelasnya.

Baca juga:  Yayasan Al Istiqamah Kembali Salurkan 900 Paket Sembako

Selanjutnya, pemetaan geospasial 3D juga memudahkan dalam administrasi aset dengan memvisualisasikan semua aset yang dimiliki oleh pemerintah daerah beserta atribut-atributnya. Hal ini memungkinkan pemantauan kondisi dan status aset dengan lebih efisien.

“Transparansi yang dihasilkan oleh teknologi ini juga dapat membantu mengurangi praktik korupsi dengan menyediakan data yang dapat diakses dan diverifikasi oleh berbagai pihak,” tutur Indra Gunawan.

Berikut adalah beberapa manfaat pemetaan geospasial 3D yang mencakup beberapa aspek:

  1. Perencanaan Kota: Dengan model 3D, perencana kota dapat mengevaluasi dan merencanakan pengembangan infrastruktur dengan lebih baik.
  2. Pengelolaan Bencana: Pemetaan 3D membantu dalam manajemen risiko bencana, seperti banjir dan gempa bumi, dengan memprediksi dampak dan merencanakan evakuasi.
  3. Pengembangan Real Estate: Pengembang dapat menggunakan model 3D untuk visualisasi proyek dan pemasaran properti.
  4. Konservasi Energi: Model 3D membantu dalam analisis pencahayaan dan ventilasi alami, yang dapat meningkatkan efisiensi energi bangunan.
Baca juga:  Walikota Depok Ungkap Prestasi di Rapat Paripurna DPRD, Momen Spesial HUT Kota Depok ke-25

Dengan demikian, langkah-langkah yang diambil oleh Kementerian ATR BPN, termasuk inisiatif Kantor Pertanahan Kota Depok, dalam mendorong pemetaan geospasial 3D, memiliki dampak yang signifikan dalam pembangunan dan pengelolaan kota serta memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. (ed)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait