close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.1 C
Jakarta
Selasa, Juli 16, 2024

PPS Kelurahan Utan Panjang Melantik 94 Pantarlih

spot_img

Jakarta | VoA – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, melantik 94 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Pantarlih yang baru dilantik ini akan bertugas di wilayah Kelurahan Utan Panjang, mencakup 10 RW, untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) dari rumah ke rumah, Senin (24/06/2024)

Tugas mereka adalah memastikan data pemilih yang telah terdaftar tetap valid dan mencatat pemilih baru yang telah berusia 17 tahun untuk Pilkada serentak yang akan diadakan pada 27 November 2024.

Pelantikan Pantarlih yang berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Utan Panjang dihadiri oleh Lurah Utan Panjang, Gatra Pratama Putra, beserta para ASN, Babinsa Rivai Sianipar, Babinkamtibmas Kosim, anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), tokoh agama, dan FKDM.

Baca juga:  Kolaborasi Mahasiswa Urindo untuk Wirausaha Depok, Bangun Generasi Mandiri dan Kreatif

Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB dan dipimpin oleh Ketua PPS Muhammad Jamaludin, serta disaksikan oleh perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Sutejo. Setelah upacara pelantikan, para Pantarlih diambil sumpahnya di bawah kesaksian pemuka agama Islam dan Kristen.

Pengambilan sumpah ini merujuk pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Administrasi Jakarta Pusat Nomor 306 tanggal 24 Juni 2024 mengenai Penetapan dan Pengangkatan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2024.

Setelah prosesi pengambilan sumpah, dilakukan serah terima secara simbolis peralatan tugas Pantarlih seperti tas, alat tulis, dan rompi kepada perwakilan Pantarlih. Selanjutnya, Pakta Integritas dibacakan oleh salah satu Pantarlih, Erwin P. Siahan, dan ditandatangani oleh semua Pantarlih, yang berisi 11 butir janji untuk bekerja keras dan jujur selama menjalankan tugas mereka.

Baca juga:  14 Strategi Disdik Depok untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

Dalam sambutannya, Ketua PPS Muhammad Jamaludin menekankan pentingnya pemutakhiran data sebagai tahapan krusial dalam persiapan Pilkada 2024.

“Pantarlih adalah ujung tombak dalam pendataan dan pemutakhiran data pemilih. Kualitas data pemilih sangat bergantung pada pelaksanaan coklit yang dilakukan oleh Pantarlih,” ujarnya.

Jamaludin juga menjelaskan empat urgensi pemutakhiran data pemilih:

  1. KPU, sebagai lembaga yang diberi mandat oleh Undang-Undang, harus menyusun dan menetapkan data pemilih dengan melayani hak konstitusional warga negara yang memenuhi syarat.
  2. Pemutakhiran data pemilih menentukan siapa yang berhak memilih pada Pilkada, termasuk syarat usia, status pernikahan, dan ketidakberadaannya di militer atau kepolisian, serta penggunaan KK sebagai identitas jika belum memiliki KTP elektronik.
  3. Data pemilih yang dimutakhirkan menentukan kebutuhan logistik seperti jumlah kertas suara, jumlah TPS, dan jumlah KPPS yang akan bertugas.
  4. Pemutakhiran data pemilih demi tertibnya administrasi dalam proses pemungutan suara dan menentukan legitimasi pelaksanaan Pilkada.
Baca juga:  Legislatif Progresif: Gemar Membaca, Bergerak Nyata

Lurah Utan Panjang, Gatra Pratama Putra, dalam sambutannya mengingatkan para Pantarlih untuk melaksanakan pemutakhiran data sesuai amanat KPU dan berkoordinasi dengan RT/RW setempat.

“Pelaksanaan Pilkada di wilayah Utan Panjang bergantung pada kalian. Laksanakan tugas ini sebaik-baiknya dan ikuti bimbingan teknis sesuai ketetapan KPU. Harapan kita bersama adalah agar Pilkada 2024 berjalan lancar, aman, dan baik,” pesan Gatra Pratama Putra. (Sugeng.P)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait