close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.1 C
Jakarta
Selasa, Juli 16, 2024

Madina Muharram Festival 1446 H: Keluarga Ramah, Banyak Manfaat

spot_img

BOGOR | VoA – Muharram, yang dikenal sebagai tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyyah, adalah momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Dalam rangka memperingati momen istimewa ini, Zona Madina Dompet Dhuafa bersama para stakeholder, mitra kolaboraksi, jejaring, dan seluruh masyarakat menggelar Madina Muharram Festival 1446 H dengan tema “Muharram Ramah Keluarga” pada Minggu, 7 Juli 2024, di Kawasan Ramah Keluarga Zona Madina Dompet Dhuafa.

Festival ini adalah manifestasi dari komitmen Zona Madina, bagian dari Dompet Dhuafa, dalam melayani dan memberdayakan masyarakat dengan tagline kelembagaan “a smiling foundation”. Baru-baru ini, pada 2 Juli, Dompet Dhuafa merayakan milad ke-31.

Kegiatan festival dimulai dengan pembacaan dongeng anak-anak yang diikuti oleh 120 peserta dari 7 cabang lomba. Dongeng ini menceritakan tentang hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah, dengan harapan dapat menanamkan nilai-nilai keislaman pada anak-anak.

Baca juga:  Simulasi Gempa, Langkah Proaktif Satpol PP Kecamatan Jonggol dalam Meningkatkan Kesadaran dan Kesiapsiagaan Masyarakat

“Kami ikut lomba mewarnai dan fashion show. Sebagai orang tua, kami senang dengan adanya dongeng anak dan pematerinya sangat informatif dan edukatif. Ini menjadi hiburan dan pelajaran bagi anak di sela-sela persiapan lomba,” ujar Nina, orang tua peserta lomba asal Jampang.

Festival ini menyelenggarakan berbagai lomba seperti lomba mewarnai anak tingkat PAUD dan TK, lomba fashion show anak, lomba tahfiz Al-Quran anak, lomba tujuh belasan anak, lomba fun cooking, lomba parade musik Islami, dan lomba story telling, dengan total 167 peserta dari berbagai kalangan.

“Anak saya Aqila kemarin ikut lomba mewarnai saat Madina Kurban dan belum beruntung. Saya terus memotivasi dia untuk terus belajar dan mencoba. Alhamdulillah, hari ini Aqila juara 1 lomba mewarnai. Kami sangat berterima kasih kepada Zona Madina yang telah memberikan wadah bagi anak-anak untuk tumbuh dan belajar. Semoga acara seperti ini rutin diadakan,” ujar Bunda Aqila, orang tua peserta lomba asal Kahuripan.

Baca juga:  Genpro Pendidikan, H. Bambang Sutopo: Menggagas Ekosistem Pendidikan Islam dan Teknologi 

Selain lomba, Zona Madina bersama jejaring Dompet Dhuafa, seperti LKC Dompet Dhuafa dan Institut Kemandirian, menyediakan layanan unggulan gratis seperti cek kesehatan, cukur rambut, serta pelatihan merajut dan melukis. Layanan ini bertujuan untuk mendekatkan masyarakat dengan program-program unggulan Dompet Dhuafa.

“Zona Madina Dompet Dhuafa selalu mengedepankan prinsip berdampak, berkelanjutan, dan kolaboraksi. Dalam kegiatan ini, semua stakeholder dan jejaring Dompet Dhuafa bekerja sama untuk memberikan layanan maksimal dan berdampak bagi semua kalangan. Kami ingin terus hadir di tengah masyarakat dan memberikan manfaat seluas-luasnya,” ujar Armie Robi, Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa.

Baca juga:  Waduh ! Camat Kronjo Tutup Mata Soal Sampah Berserakan di Pinggir Jalan Kronjo

Festival ini juga memberikan manfaat kepada 10 anak yatim dan 7 lansia melalui penyaluran sedekah, seperti donat untuk yatim dan kacamata untuk lansia, berkat donatur Zona Madina, Optik I&U, dan Donat Madu Cihanjuang. Hal ini menunjukkan komitmen Zona Madina dalam menyalurkan sedekah kepada yang membutuhkan.

Festival ditutup dengan bazar yang memberdayakan puluhan UMKM sekitar, memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi mereka. Acara diakhiri dengan pembagian hadiah dan penampilan budaya angklung, melestarikan kebudayaan tradisional Indonesia.

Dengan berbagai kegiatan ini, Madina Muharram Festival 1446 H tidak hanya mempererat ikatan keluarga tetapi juga membawa beragam manfaat bagi masyarakat. (Rn)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait