close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.1 C
Jakarta
Rabu, Juli 24, 2024

Dalam Kegiatan Pasar Murah Pemdes Harus Bisa Betul Betul Memprioritaskan Untuk Masyarakat Yang Membutuhkan

spot_img

Pemalang | voa – Daerah Kabupaten Pemalang, dimana angka inflasi yang muncul berdasarkan data yang disajikan oleh statistik itu memang perlu adanya upaya upaya penurunan inflasi, salah satunya adalah distribusi pangan yaitu bahan pokok untuk masyarakat, sehingga melalui Diskoperindag melakukan upaya pasar murah yang diselenggarakan di desa Ujung gede Kecamatan Ampelgading kabupaten Pemalang.

Dari upaya pasar murah ini, sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan oleh PLT kepala Disperindag bawah kegiatan kali ini adalah yang ketiga kalinya dari penjadwalan yang ada dalam anggaran alokasi.
Kegiatan pasar murah ini kurang lebih dengan alokasi anggaran sekitar 1 miliar, hal tersebut disampaikan oleh Bagus Sutopo selaku Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Pemalang, Rabu (08/10/2023).

Selanjutnya Bagus Sutopo juga menjelaskan bahwa, “Kita bisa menyaksikan bersama dalam kegiatan pasar murah kali ini bahwa denga rincian harga komoditas beras per kg, Rp. 13.900, gula pasir 1 kg Rp. 14.500, minyak goreng 1 kg 17.000.
Jadi total komoditas harga Rp, 73.200 dengan harga tebus Rp, 17.000, Sehingga nilai subsidinya Rp, 57.000.

Baca juga:  Pembukaan Turnamen Bola Basket NEPAL CUP II Tahun 2024 Dalam Rangka Memperingati Dies Natalis SMK N 1 Pemalang Ke-56 

Artinya dengan angka Rp. 17.000,- masyarakat sudah bisa mendapatkan jenis komoditas yaitu beras premium 3 Kg kemudian gula pasir 1 Kg dan 1 Liter minyak goreng bermerek tertentu, ujar Bagus Sutopo.
Dan perlu juga Saya sampaikan bahwa kegiatan pasar murah seperti ini tentu manfaatnya akan dirasakan betul oleh masyarakat yang membutuhkan.

Ya…seperti yang disampaikan Pak Bupati melalui sambutan yang kami bacakan bahwa dalam hal ini Pemerintah desa harus bisa betul betul memprioritaskan untuk masyarakat yang membutuhkan, dan jangan disalahgunakan kepada orang-orang tertentu yang tidak membutuhkan, sebab nilai kisaran Rp, 70.000 sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga:  Bupati Pemalang Bersama Jajaran Forkopimda Ziarah ke Makam Leluhur Dalam Rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke-449 

Sumber dana dalam kegiatan pasar murah ini dari APBD perubahan, dan dalam kegiatannya berada di lingkup wilayah sebagian besar Kecamatan di kabupaten Pemalang.

Intinya upaya untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan inflasi daerah yang pertama harus ada ketersediaan pangan, kemudian distribusi dan keterjangkauan.
Dan yang jelas, kalau sembako atau kebutuhan bahan pokok yang ada di Pemalang tersebut tersedia hanya produk-produk tertentu, kita akan cari ke luar daerah.
Lalu ketersediaan makanan kita bekerjasama dengan Bulog untuk bisa memastikan menjamin ketersediaan pangan. Kemudian yang kedua adalah Distribusi, itu berarti kadang kita melihat kondisi yanga ada di 14 Kecamatan, ada yang kurang atau lebih.
Bila terjadi kekurangan didaerah, maka kita penuhi dari daerah yang lebih, dan apabila dibeberapa wilayah stocknya lebih, tentu akan kita salurkan dan diatribusikan daerah lainnya agar bisa merata.
Dan yang terakhir adalah jangkauan harga, maka dengan pasar murah ini kita memberikan harga yang terjangkau kepada masyarakat.

Baca juga:  Pemkab Atensi Pedagang Pasar Belik Pemalang Secepat Mungkin Bisa Beraktivitas Lagi

Pesan Kami untuk masyarakat bagi yang penerima manfaat dari kegiatan pasar murah ini, manfaatkan dengan sebaik baiknya, dan bagi masyarakat yang belum/bukan penerima manfaat dari kegiatan pasar murah ini, harus disadari bahwa kegiatan pasar murah ini juga stocknya ada keterbatasan sehingga tidak bisa mengakomodir semuanya, pungkas Bagus Sutopo.
(Eko B Art)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait