29.4 C
Indonesia
Kam, 13 Juni 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Kamis, 13 Juni 2024 | 12:35:10 WIB

    Pemerintah Desa Gondang Berhasil Atasi Stunting Hingga Mencapai 60% Bagi Warga Masyarakatnya

    spot_img

    Pemalang | VoA – Kabupaten Pemalang dinilai telah berhasil dalam percepatan menurunkan angka stunting di wilayahnya.

    Dalam hal ini Pemkab Pemalang juga diberikan penghargaan berupa insentive fiskal senilai 6,6 milyar yang diserahterimakan kepada Bupati Pemalang dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023.

    Berkaitan dengan penangan stunting di kabupaten Pemalang, tentu tidak lepas dari upaya dan peran pemerintah Desa dalam turut andil mengintervensi penanganan stunting di daerah kabupaten Pemalang.

    Contoh keberhasilannya nyata adalah di desa Gondang kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, adalah satu dari 10 desa lokus stunting di tahun 2023.

    Kades Gondang Wahidin menyampaikan bahwa keberhasilan desanya dalam mengatasi Stunting kurang lebih 60% sudah bisa terselesaikan.
    Upaya kami dan team kerja Pemdes Gondang telah melakukan informasi secara berkala, khususnya untuk Ibu ibu yang anaknya penderita stunting, hal tersebut disampaikan Wahidin pada Sabtu (18/11/2023) di tempat tinggalnya.

    Baca juga:  Diseminasi Audit Kasus Stunting di Pemalang, Mengidentifikasi Risiko dan Penyebab Stunting

    Selanjutnya Wahidin menambahkan keterangannya bahwa, Kami juga membantu baik dari sisi makanan dan pemantauan, diantaranya adalah penyaluran bantuan makanan tambahan dan makanan pendamping ASI.

    Desa kami mendapat bantuan dari Provinsi tentang budidaya lele, dari keberhasilan budidaya lele tersebut, sebesar 60% hasilnya, kami salurkan untuk membantu keluarga yang terindikasi stunting.
    Dan bahkan dari pihak-pihak lain juga hampir setiap minggu memberikan makanan tambahan.
    Ada beberapa kelompok masyarakat yang juga turut peduli dengan kondisi stunting di desa kami, contohnya dari persatuan agama Kristen juga turut membantu dan mendistribusikan makanan tambahan kepada keluarga penderita Stunting.

    Baca juga:  Pengurus Yayasan Karunia Insani Cabang Lubuklinggau Audiensi dengan Pj Wako 

    Secara pribadi saya selaku kepala desa juga tidak sekedar membantu, tapi tentang kebutuhan kebutuhan informasi untuk sosialisasi pencegahan stunting itu terus kita dorong.

    Sebab penangan stunting merupakan salah satu program yang harus diprioritaskan dan ditangani secepatnya.
    “Artinya dengan demikian diharapkan semua komponen masyarakat bisa ikut membantu menangani masalah stunting secara bersama sama” tegas Wahidin.

    Melihat baru 60% penanganannya maka kedepan harus lebih baik untuk ditingkatkan lagi penanganannya.
    Karena stunting ini harus secara dini kita antisipasi, dari mulai awal pernikahan, dan tahap mempersiapkan kehamilan.
    Dalam hal ini Posyandu hadir dan mengawal secara rutin setiap minggu.

    Baca juga:  Mengarungi Banjir, Kisah Heroik Ibu Hamil dalam Perjuangan Menuju Rumah Sakit

    Saya kalau selaku kepala desa Gondang, yang dalam hal ini di tahun 2023 menjadi lokus stunting berharap semoga kedepannya semua komponen masyarakat desa Gondang bisa lebih aktif dalam andil membangun kesehatan bersama, tidak hanya di petugas kesehatan saja, tapi semuanya harus hadir menangani stunting.

    Sebab kita semua harus sadar bahwa pentingnya kesehatan harus menjadi tanggung jawab bersama untuk kita semua, pungkas Wahidin. (Eko B Art).

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

    Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

    Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

    Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

    Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

    Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

    Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

    Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

    Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

    Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...

    Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

    Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...
    Berita terbaru
    Berita Terkait