close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

31.8 C
Jakarta
Rabu, Juli 24, 2024

Bupati Pemalang Antarkan Kabupaten Menuju UHC 2024

spot_img

Pemalang | VoA – Bupati Kabupaten Pemalang, Mansur Hidayat S.T, memimpin rapat persiapan Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Pemalang tahun 2024 di Ruang Gadri Kantor Bupati Pemalang. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Kepala BPJS cabang Pekalongan, Sri Mugirahayu, Sekda Kabupaten Pemalang Heriyanto, Kepala OPD terkait, Kepala BPJS cabang Pemalang, serta Kepala Rumah Sakit dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Pemalang, Senin (11/12/2023)

Sri Mugirahayu, dalam laporannya, menjelaskan bahwa UHC adalah sistem penjaminan kesehatan yang bertujuan memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan. Kabupaten Pemalang, menurutnya, telah melaksanakan program UHC dengan baik, dengan cakupan mencapai 97,45 persen dari 1,5 juta penduduk terdaftar per 1 Desember 2023.

Baca juga:  Kembangkan dan Majukan Sekolah, Karena ini Bagian dari Pembangunan Kabupaten Pemalang

“Kabupaten Pemalang berada di urutan 14 dari ranking cakupan UHC, sedangkan urutan UHC Kabupaten Pemalang sendiri berada di urutan 24,” ungkap Sri Mugirahayu.

 

Bupati Mansur Hidayat menegaskan pentingnya kesiapan unit pelayanan kesehatan, termasuk rumah sakit dan puskesmas, dalam menjalankan program UHC. Dalam rapat Executive Meeting Persiapan UHC, Bupati memastikan agar seluruh rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Pemalang fokus pada peningkatan kualitas pelayanan.

Baca juga:  Bacabup Ndoro Nur,  Farming Integrated untuk Masyarakat Pemalang

“Semua rumah sakit yang ada di Kabupaten Pemalang dan semua puskesmas di Kabupaten Pemalang utamakan pelayanan dan pelayanan,” tegas Mansur Hidayat.

Bupati juga menekankan bahwa kesehatan merupakan indikator penting dalam pembangunan manusia. Ia berharap, pada tahun 2025, warga masyarakat, terutama yang kurang mampu, dapat mengakses pelayanan kesehatan tanpa kesulitan.

“Hari ini dirapatkan Kabupaten Pemalang agar di Tahun 2025 warga masyarakat khususnya warga yang tidak mampu ketika sakit tidak bingung,” jelas Mansur Hidayat.

Baca juga:  Pengukuhan Pengurus MUI Kabupaten Pemalang Membangun Jembatan Sinergi antara Pemerintah dan Ulama

Mansur Hidayat juga menyoroti permasalahan ketidaksetaraan dalam pelayanan BPJS. Ia berharap agar semua masyarakat, tanpa memandang jenis pembayaran, dapat mendapatkan pelayanan yang sama.

“Silahkan semua menggunakan fasilitas yang ada, pelayanannya sama jangan dibeda-bedakan,” tegas Mansur Hidayat.

Dengan adanya program UHC ini, Bupati berharap pada tahun 2024, warga masyarakat, terutama yang tidak mampu, dapat merasakan ketenangan dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Upaya ini menjadi langkah nyata Kabupaten Pemalang dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui akses pelayanan kesehatan yang merata. (Eko B Art)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait