close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.1 C
Jakarta
Rabu, Juli 24, 2024

Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) Lintas Sektor Usaha Mikro Dan Kecil (UMKM) Tahun 2023 di Gedung Olahraga Desa Botekan

spot_img

Pemalang | VoA – Bupati Pemalang Mansur Hidayat S.T mengajak kepada para penerima untuk mensyukuri telah terbitnya sertifikat, yang menjadikan status kepemilikan tanahnya menjadi jelas.

“Syukur alhamdulillah, masyarakat Desa Botekan Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang akhirnya menerima sertifikat secara langsung. Tentunya hal ini merupakan suatu kebahagiaan tersendiri, mengingat dengan adanya sertifikat ini berarti status kepemilikan tanah sudah jelas,” ujar Mansur Hidayat.

“Lebih dari itu, sertifikat ini juga bernilai guna sebagai modal untuk membuka usaha guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi para penerima program SHAT 2023 yang berjumlah 50 pelaku usaha mikro di Desa Botekan,” sambung Mansur Hidayat.

Mansur Hidayat juga berpesan kepada para penerima untuk menjaga sertifikat dengan baik, dan apabila memang harus digunakan, dia berharap penerima menggunakannya dengan bijak.

“Oleh karena itu, saya berpesan kepada para penerima supaya menjaga baik- baik sertifikat yang diberikan, karena sertifikat merupakan surat berharga, bijaksanalah dalam menggunakannya untuk kepentingan usaha produktif bukan konsumtif,” tegas Mansur Hidayat.

Baca juga:  Mantan Anggota KPU Jawa Tengah Bersatu untuk Menjaga Kedaulatan Demokrasi

Dalam kesempatan tersebut Mansur Hidayat juga menjelaskan terkait SHAT di Kabupaten Pemalang. Menurutnya langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah dengan bekerja sama dengan ATR/BPN Pemalang, adalah tindak lanjut dari Nota Kesepahaman Kementerian ATR/BPN dengan empat kementerian, yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Pertanian, serta Kementerian Perikanan dan Kelautan.

Nota kesepahaman Kementerian ATR/BPN dengan empat kementerian tersebut mengenai Pemberdayaan Hak Atas Tanah Masyarakat bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil, Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan.

“Sebagai bentuk tindak lanjut atas kebijakan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang bekerjasama dengan Kantor Pertanahan (ATR/BPN) Kabupaten Pemalang berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat dengan menyukseskan Program Sertifikasi Hak Atas Tanah Lintas Sektor Usaha Mikro dan Kecil,” pungkas Mansur Hidayat.

Baca juga:  Video Viral, Aksi Remaja di Kendari Saling Busur

Senada dengan Bupati Pemalang, Kepala ATR/BPN Pemalang Gusmanto mengatakan apabila sertifikat digunakan untuk upaya produktif, maka akan berpengaruh terhadap perekonomian, bukan hanya di dalam Desa Botekan tapi juga luar desa.

“Kalau bapak ibu menjadikan sertifikat ini produktif, itu akan meningkatkan ekonomi tidak hanya di Botekan saja, tapi mempunyai imbas atau impact yang lebih,” ujar Gusmanto.

“Untuk pelaku UMKM saya sarankan jangan disimpan, tapi jadikan modal, bagi mereka yang mau usaha silahkan, yang sudah berusaha untuk nambah modal. Itu pentingnya sertifkat untuk UMKM, kalau UMKM (sertifikatnya) disimpan ya sama saja,” kata Gusmanto.

Baca juga:  Laksanakan Sosialisasi Pemupukan Berimbang dan Mekanisme Pembelian Pupuk Subsidi Untuk Petani

Dalam acara tersebut, ada sebanyak 50 warga Desa Botekan Kecamatan Ulujami menerima sertifikat hasil dari program Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) Lintas Sektor Usaha Mikro dan Kecil 2023. Penyerahan secara simbolis dilakukan Bupati Pemalang Mansur Hidayat di gedung olah raga desa setempat, Selasa (30/1/2024).

Dalam statemen penutupnya Kepala Desa Botekan Trisnanto mewakili warganya mengucapkan terima kasih atas penyerahan sertifikat tersebut. Selain itu, dirinya juga berharap agar pada tahun mendatang desanya mendapatkan kuota SHAT lebih banyak dari pada tahun 2023 lalu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang sudah memberikan program SHAT kepada masyarakat Desa Botekan, yang kami harapkan di tahun berikutnya nanti bisa lebih (banyak dan hal ini yang dikehendaki masyarakat Desa Botekan)” pungkas Trisnanto. (Eko B Art)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait