26.4 C
Indonesia
Ming, 14 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Minggu, 14 April 2024 | 17:21:52 WIB

    Ini Visi Kabupaten Pemalang untuk 20 Tahun ke Depan

    spot_img

    Pemalang | VoA – Kepala Bappeda Kabupaten Pemalang Moh. Sidik mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan Musrenbang RPJPD Kabupaten Pemalang Tahun 2025-2045 dan RKPD Kabupaten Pemalang Tahun 2025 diantaranya, mewujudkan pembangunan daerah yang terencana, partisipatif, akuntabel, transparan dan berkelanjutan.

    Kemudian juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang berkualitas dan merata.

    Selanjutnya mengenai peserta kegiatan hari ini bahwa peserta Musrenbang diikuti 200 orang yang terdiri dari jajaran birokrat Kabupaten Pemalang, Anggota DPRD, delegasi Kecamatan, Ormas, LSM dan organisasi profesi, forum anak dan perwakilan perempuan, penyandang disabilitas, tokoh masyarakat dan tokoh agama, perguruan tinggi dan akademisi.

    “Adapun narasumber yaitu Ketua DPRD, Kepala Bappeda Provinsi Jateng dan Sekda Kabupaten Pemalang” pungkas Moh Sidik.

    Baca juga:  Bupati Pemalang Antarkan Kabupaten Menuju UHC 2024

    Masih dalam kesempatan yang sama Bupati Pemalang Mansur Hidayat S.T mengungkapkan bahwa tentang Visi pembangunan jangka panjang daerah Pemalang yaitu “MULYA” yang merupakan singkatan dari “Maju, Unggul, Lestari dan Berbudaya”.

    “Berdasarkan hasil identifikasi permasalahan, isu strategis, serta harapan masyarakat, maka dirumuskan rencana Visi Kabupaten Pemalang untuk masa 20 tahun yang akan datang yaitu Terwujudnya Kabupaten Pemalang Mulya (Maju, Unggul, Lestari dan Berbudaya)” terang Mansur Hidayat saat membuka Musrenbang RPJPD Kabupaten Pemalang 2025-2045 dan RKPD 2025 di pendopo setempat, Rabu (27/03/2024).

    Menurut Mansur Hidayat Visi Mulya diperoleh dari penjaringan aspirasi masyarakat yang dilakukan melalui pengisian E-kuesioner dari penjaringan tersebut didapatkan 10 besar harapan masyarakat terhadap Kabupaten Pemalang dalam 20 tahun mendatang.

    Baca juga:  Tingkatkan Kewaspadaan Menjelang Nataru, Karutan Humbahas Sambangi Warga Binaan di Blok Hunian

    “Diperoleh hasil 10 besar harapan, yaitu maju, sejahtera, SDM berdaya saing, pemerataan pembangunan, mandiri, nyaman aman damai, berkelanjutan, anti KKN, religius dan pelayanan publik yang baik,” sambung Mansur Hidayat.

    Proses penyusunan RPJPD dan RKPD antara lain dilakukan melalui pendekatan partisipatif dan bottom-up.

    “Oleh karena itu, diperlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan melalui suatu forum yang disebut sebagai musyawarah perencanaan pembangunan atau Musrenbang,” ujar Mansur Hidayat.

    “Upaya Selanjutnya dalam Musrenbang diharapkan tercapai kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang Rancangan RPJPD dan Rancangan RKPD untuk mencapai tujuan pembangunan di Kabupaten Pemalang,” tegasnya.

    Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyebut sejumlah tantangan yang dihadapi dalam pembangunan.

    “Permasalahan pembangunan yang kita hadapi sekarang ini cukup kompleks, diantaranya adalah masalah kemiskinan, pengangguran, kualitas Sumber Daya Manusia, kerusakan lingkungan, serta infrastruktur,” jelas Mansur Hidayat.

    Baca juga:  Laksanakan Sosialisasi Pemupukan Berimbang dan Mekanisme Pembelian Pupuk Subsidi Untuk Petani

    “Selain itu tantangan pembangunan kedepan dihadapkan pada isu ketahanan pangan, demografi, Artificial Intelegensi, digitalisasi, transformasi ekonomi berkelanjutan, infrastruktur berkelanjutan, mitigasi bencana, hingga pengaruh budaya luar yang negatif,” papar Mansur Hidayat.

    Sebelum menutup statemennya, Mansur Hidayat kembali menegaskan, bahwa harapannya atas pelaksanaan Musrenbang kali ini. Optimalisasi, efektif dan efisien menjadi kata kuncinya.

    “Besar harapan saya agar prioritas kegiatan pembangunan yang menjadi kesepakatan dalam Musrenbang ini, mencerminkan upaya optimalisasi dalam mengakomodir perkembangan kebutuhan layanan kepada masyarakat, dengan mengedepankan asas efisiensi dan efektifitas,” pungkas Mansur Hidayat. (Eko B Art).

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

    Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

    Ketua DPC PDI-Perjuangan Mubar Siap Maju di Pilkada Mubar

    MUBAR| VoA - Meski Pleno KPU Kabupaten Muna Barat belum selesai dilaksanakan tapi sudah bisa dipastikan pada pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)...

    Korban Penganiayaan di Depok, Gegara Menegur Buang Sampah di Bantaran Kali “Lapor Polisi”

    Depok | VoA - Pengusaha konveksi berinisial JN dilaporkan ke Polisi oleh Solihin (60) terkait penganiayaan yang dilakukan oleh JN, gegara JN tidak terima...

    Kiprah Khofifah di Dunia Politik dari Gus Dur Hingga Jokowi Berikut Keponakannya, Lia Istifhama

    Surabaya | VoA- Jika Anda seorang yang menyukai sejarah, maka wanita ini menjadi salah satu yang patut anda selisik lagi kehebatannya dalam sejarah politik...

    Babak Baru Kriminalisasi Pejuang Buruh Perempuan Jawa Timur

    Surabaya | VoA - Dwi merupakan buruh perempuan yang bekerja di PT. Mentari Nawa Satria atau dikenal Kowloon Palace Surabaya pada bagian staff accounting dengan...

    Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

    Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
    Berita terbaru
    Berita Terkait