close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28 C
Jakarta
Kamis, Juli 25, 2024

Semarak Karawitan di Pemalang, Masyarakat Antusias Lestarikan Budaya

spot_img

Pemalang | VoA – Kabupaten Pemalang kembali memeriahkan kegiatan Karawitan, sebuah acara seni yang menarik perhatian masyarakat setempat. Acara ini merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya Jawa, khususnya seni Karawitan.

Awalnya, acara Karawitan malam Selasa Kliwon tersebut diadakan di pendopo Kabupaten Pemalang. Namun, seiring waktu, acara ini juga digelar di pendopo balai desa dan balai pendopo kecamatan. Malam Selasa Kliwon dipilih sebagai waktu pementasan karena memiliki nuansa tradisional yang cocok untuk karawitan.

Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan hadir untuk menyaksikan gelar seni karawitan malam Selasa Kliwon yang berlangsung di Balai Pendopo Kecamatan Watukumpul, Senin (06/07/2024)

Baca juga:  Peningkatan Pelayanan Publik, Evaluasi Pensiun dan Adaptasi Perubahan di BKD Pemalang

Camat Watukumpul, Agus Syarif Nurhadi, mengatakan bahwa masyarakat sangat antusias menyaksikan penampilan para seniman karawitan yang tampil dengan penuh semangat. Para seniman melantunkan lagu-lagu tradisional Jawa yang sarat makna dan memiliki irama khas.

“Selain menyaksikan penampilan para seniman karawitan, masyarakat juga dapat ikut serta dalam kegiatan ini. Mereka kita ajak untuk bernyanyi bersama dengan seniman karawitan. Tentu hal ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial antara seniman dan masyarakat,” ucap Agus Syarif kepada awak media.

Selama kegiatan berlangsung, suasana semakin meriah dengan kehadiran berbagai stand UMKM dari masyarakat setempat yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

Baca juga:  Diduga Ada Pungli Terkait Perekrutan Calon Anggota KPPS Lubuklinggau

“Sembari menikmati alunan musik Jawa dengan suara merdu dari para seniman karawitan, tamu undangan dan masyarakat bisa menikmati hidangan Soto khas Watukumpul yang disediakan oleh panitia,” sambung Agus Syarif Nurhadi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, Ismun Hadiyo, juga menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan karawitan ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk konservasi budaya yang penting untuk dilestarikan. Ia berharap seni karawitan semakin dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas.

“Kegiatan karawitan malam Selasa Kliwon di Kabupaten Pemalang diharapkan dapat menjadi sarana untuk melestarikan budaya tradisional. Dengan menggelar kegiatan ini, diharapkan seni karawitan tidak akan punah, melainkan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman,” pungkas Ismun Hadiyo.

Baca juga:  PT. Pupuk Indonesia (Persero)  Gelar Kegiatan Gebyar Diskon Pupuk di Pemalang

Watukumpul, Senin malam 1 Juli 2024, menjadi saksi antusiasme warga yang berbondong-bondong datang ke Pendopo Kecamatan Watukumpul untuk menyaksikan acara Pentas Seni Karawitan Malam Selasa Kliwon yang dibuka dengan gending dolanan dari SDN 01 Watukumpul dan SMK Muhammadiyah Watukumpul.

Penampilan tari dari MI Watukumpul Tari Kencana Katon Wingko, Tari Gambyong SMPN 1 Watukumpul, serta Tari Kebo Ijo TBM Adinda menambah semarak acara karawitan malam Selasa Kliwon.

Acara dilanjutkan dengan penampilan Sanggar Wisnu Laras, Sanggar Galih Laras dari Desa Gapura, serta Sanggar Seka dari Desa Watukumpul. (Eko B Art)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait