close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28 C
Jakarta
Kamis, Juli 25, 2024

IBI Pemalang Rayakan HUT Ke-73, Sinergi dan Kolaborasi Bidan dalam Menghadapi Krisis Iklim

spot_img

Pemalang | VoA – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) merayakan ulang tahunnya yang ke-73 dengan tema “Peran Bidan dalam Sistem Ketahanan Nasional pada Krisis Iklim melalui Sinergi dan Kolaborasi”. Acara ini berlangsung di Hotel Regina Pemalang dan dihadiri oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat, serta sejumlah tokoh penting lainnya, Sabtu (06/07/2024)

Dalam sambutannya, Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengungkapkan harapannya agar IBI semakin jaya dan bermanfaat. Ia menekankan pentingnya peran bidan dalam sistem ketahanan nasional, terutama di tengah krisis iklim yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia.

“Bidan diharapkan dapat meningkatkan perannya sebagai penyuluh, pendidik, pembimbing, fasilitator klinik, peneliti, dan terutama sebagai penggerak,” ujar Mansur.

Bupati juga menyoroti empat masalah utama akibat krisis iklim, yaitu polusi udara, krisis air, pemanasan global, dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Baca juga:  Bupati Pemalang Antarkan Kabupaten Menuju UHC 2024

“Peran serta masyarakat dalam menghadapi krisis iklim ini perlu didorong untuk menjadi panutan dalam memerangi dampak iklim melalui segala tindak tanduk dan pelayanan kesehatan yang diberikan,” lanjutnya.

Menurutnya, dalam era perkembangan zaman yang dinamis ini, bidan diharapkan mampu beradaptasi dan menerapkan terobosan-terobosan baru dalam pelayanan kesehatan. Tentu saja, dalam menjalankan peran ini, bidan harus tetap berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, khususnya pemerintah daerah.

Kontribusi bidan sebagai tenaga profesional dalam pemberdayaan masyarakat menghadapi krisis iklim sangat penting untuk menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas.

Baca juga:  Rakor IGTKI PGRI Ampelgading, Sinergi untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Pembangunan Daerah

“Saya berpesan kepada segenap anggota IBI, khususnya di Kabupaten Pemalang, untuk terus meningkatkan komitmen dan kerja keras dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta melakukan edukasi berkelanjutan,” tambah Mansur Hidayat.

Sementara itu, Khodiroh, Ketua Panitia Kegiatan, menyampaikan bahwa tujuan peringatan HUT IBI adalah untuk mempererat tali silaturahmi di antara anggota serta memantapkan IBI sebagai organisasi profesi yang handal.

“Anggaran pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari dana swadaya seluruh anggota IBI dan partisipan yang tidak mengikat,” ujar Khodiroh.

Rangkaian kegiatan HUT IBI ke-73 tahun 2024 meliputi:

  • Tabur bunga di makam teman sejawat IBI.
  • Membuka Posko Bidan pagi pada kegiatan arus mudik.
  • Pelayanan imunisasi bagi bayi di semua praktik mandiri bidan.
  • Pelayanan KB serentak di semua praktik mandiri bidan pada 22 Mei 2024.
  • Anjangsana ke bidan senior.
  • Penilaian lomba administrasi ranting terbaik dan Bidan Award tahun 2025.
Baca juga:  Pemkab Atensi Pedagang Pasar Belik Pemalang Secepat Mungkin Bisa Beraktivitas Lagi

Puncak acara resepsi ditutup dengan Talk Show di Hotel Regina Pemalang. “Alhamdulillah, hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah juara dua capaian pelayanan akseptor KB tingkat provinsi Jawa Tengah,” pungkas Khodiroh.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Pemalang bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang, Ketua IBI Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Pemalang, Kepala Dinas Sosial, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Pemalang, anggota IBI se-Kabupaten Pemalang, dan tamu undangan lainnya. (Eko B Art)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait