close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.3 C
Jakarta
Selasa, Juli 16, 2024

Anggaran Karang Werda Ditambah, Pemkot Surabaya Perkuat Pemberdayaan Lansia

spot_img

Surabaya | VoA – Penduduk lanjut usia atau lansia merupakan 9,92 % dari total penduduk Indonesia, atau sebanyak 26,82 juta orang (BPS, Susenas ). Masalah yang sering dihadapi masyarakat lanjut usia adalah masalah kesehatan. Hal itu mengingat umur yang tak lagi muda dan faktor fisik yang menua.

Lansia juga merupakan kelompok rentan terpapar penyakit kronis untuk itu Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot) berusaha mewujudkan lansia dengan penuaan yang sehat dan bahagia dengan menambah anggaran Karang Werda, sebagai upaya pendampingan dan pemberdayaan bagi para lanjut usia (lansia).

Pentas Seni Karang Werda Wiguna Karya Kebonsari, Kelurahan Jambangan, Rabu (26/6/2024).

Hal ini disampaikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri Pentas Seni Karang Werda Wiguna Karya Kebonsari, Kelurahan Jambangan, Rabu (26/6/2024).

Wali Kota menjelaskan, penambahan anggaran akan disesuaikan dengan kegiatan di masing-masing Karang Werda. Dengan penambahan anggaran tersebut, pertemuan atau kegiatan para lansia dapat dilakukan empat kali dalam satu bulan.

Baca juga:  Kota Surabaya Raih Adipura Kencana Kedelapan Kalinya

Alhamdulilah sejak bulan ini (Juni), anggaran yang semula untuk satu kali pertemuan atau kegiatan dalam satu bulan, bisa meningkat menjadi empat kali. Jadi nanti untuk anggaran konsumsinya akan kita siapkan,” papar Eri.

Wali Kota Eri berharap, dengan adanya anggaran yang bertambah membuat para lansia lebih bahagia karena bisa sering bertemu dengan teman-temannya. Menurutnya, bila para lansia bahagia maka akan berimbas pada kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pahlawan.

Dengan banyak bertemu itu bisa diharapkan para lansia lebih bahagia dan umurnya Insya Allah lebih panjang. Itu tujuan kita,” harap Wali Kota Eri.

Selain penambahan anggaran Karang Werda, Wali Kota Eri juga menerangkan kegiatan pemberdayaan lansia lainnya yang dilakukan Pemkot Surabaya berupa Sekolah Lansia Tangguh (Selantang). Kegiatan yang dilakukan satu bulan sekali itu, menyasar lansia di setiap kecamatan se-Surabaya.

Baca juga:  Empat DPD RI Jatim Terpilih, Hanya Tiga Yang Miliki Rekam Jejak

“Selain kegiatan di Karang Werda, kami juga membuka Sekolah Lansia Tangguh atau (Selantang) yang dilakukan satu bulan sekali.

Lansia itu tidak butuh apa-apa, keinginannya hanya berkumpul bersama teman-temannya,” ungkap Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Surabaya.

Kemudian, Wali Kota Eri menambahkan bahwa Pemkot Surabaya akan terus mendukung dan mendorong setiap Karang Werda yang terlibat aktif dalam perlombaan. Sepertihalnya yang dilakukan Karang Werda Wiguna Karya Kebonsari, Kelurahan Jambangan yang baru-baru ini menyabet juara tingkat provinsi.

“Kita dukung terus dan memfasilitasi setiap mereka ingin latihan atau kumpul-kumpul. Potensi-potensi yang baik di Karang Werda harus ditampilkan oleh karena itu, Wali Kota juga mengapresiasi kegiatan Pentas Seni yang digelar Karang Werda Wiguna Karya Kebonsari, sebab para lansia masih tampak tampil penuh semangat untuk menyanyi dan menari.

Baca juga:  Gratis Polsek Bubutan Surabaya Sediakan Tempat Penitipan Motor Selama Lebaran

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, pihaknya melakukan penambahan anggaran untuk 153 Karang Werda yang tersebar di setiap kelurahan. Kalau untuk anggaranya akan menyesuaikan kegiatan masing-masing. Karena, keinginan di setiap Karang Werdakan berbeda-beda, bisa jadi kegiatan Karang Werda di Kelurahan Pangesangan akan berbeda dengan Kelurahan Kebonsari, meskipun satu kecamatan. Jadi kegiatan-kegiatan itu yang kita fasilitasi.

Jadi kita ingin mempersiapkan lansia sejahtera, konservatif, dan bahagia sejak dini. Penguatan akses layanan dalam proses intervensi lansia juga diperlukan termasuk layanan fisik, mental spiritual dan kehidupan berkelanjutan yang mana perlu juga ditambahkan aspek untuk mengakomodasi budaya serta kearifan lokal,” terang Kadinsos. (okik).

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait