22.4 C
Indonesia
Ming, 25 Februari 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Minggu, 25 Februari 2024 | 16:45:38 WIB

    Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) Lintas Sektor Usaha Mikro Dan Kecil (UMKM) Tahun 2023 di Gedung Olahraga Desa Botekan

    spot_img

    Pemalang | VoA – Bupati Pemalang Mansur Hidayat S.T mengajak kepada para penerima untuk mensyukuri telah terbitnya sertifikat, yang menjadikan status kepemilikan tanahnya menjadi jelas.

    “Syukur alhamdulillah, masyarakat Desa Botekan Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang akhirnya menerima sertifikat secara langsung. Tentunya hal ini merupakan suatu kebahagiaan tersendiri, mengingat dengan adanya sertifikat ini berarti status kepemilikan tanah sudah jelas,” ujar Mansur Hidayat.

    “Lebih dari itu, sertifikat ini juga bernilai guna sebagai modal untuk membuka usaha guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi para penerima program SHAT 2023 yang berjumlah 50 pelaku usaha mikro di Desa Botekan,” sambung Mansur Hidayat.

    Mansur Hidayat juga berpesan kepada para penerima untuk menjaga sertifikat dengan baik, dan apabila memang harus digunakan, dia berharap penerima menggunakannya dengan bijak.

    “Oleh karena itu, saya berpesan kepada para penerima supaya menjaga baik- baik sertifikat yang diberikan, karena sertifikat merupakan surat berharga, bijaksanalah dalam menggunakannya untuk kepentingan usaha produktif bukan konsumtif,” tegas Mansur Hidayat.

    Baca juga:  Acara Jalan Sehat Bersama Guru TK, SD, SMP, dan SMA Serta Siswa SMP dan SMA Dalam Rangka Hari PGRI dan HGN Tahun 2023

    Dalam kesempatan tersebut Mansur Hidayat juga menjelaskan terkait SHAT di Kabupaten Pemalang. Menurutnya langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah dengan bekerja sama dengan ATR/BPN Pemalang, adalah tindak lanjut dari Nota Kesepahaman Kementerian ATR/BPN dengan empat kementerian, yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Pertanian, serta Kementerian Perikanan dan Kelautan.

    Nota kesepahaman Kementerian ATR/BPN dengan empat kementerian tersebut mengenai Pemberdayaan Hak Atas Tanah Masyarakat bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil, Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan.

    “Sebagai bentuk tindak lanjut atas kebijakan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang bekerjasama dengan Kantor Pertanahan (ATR/BPN) Kabupaten Pemalang berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat dengan menyukseskan Program Sertifikasi Hak Atas Tanah Lintas Sektor Usaha Mikro dan Kecil,” pungkas Mansur Hidayat.

    Baca juga:  Peringatan Hari Ibu ke-95, TP PKK Kabupaten Pemalang Gelar Berbagai Lomba Kreatif dan Inspiratif

    Senada dengan Bupati Pemalang, Kepala ATR/BPN Pemalang Gusmanto mengatakan apabila sertifikat digunakan untuk upaya produktif, maka akan berpengaruh terhadap perekonomian, bukan hanya di dalam Desa Botekan tapi juga luar desa.

    “Kalau bapak ibu menjadikan sertifikat ini produktif, itu akan meningkatkan ekonomi tidak hanya di Botekan saja, tapi mempunyai imbas atau impact yang lebih,” ujar Gusmanto.

    “Untuk pelaku UMKM saya sarankan jangan disimpan, tapi jadikan modal, bagi mereka yang mau usaha silahkan, yang sudah berusaha untuk nambah modal. Itu pentingnya sertifkat untuk UMKM, kalau UMKM (sertifikatnya) disimpan ya sama saja,” kata Gusmanto.

    Baca juga:  Keberhasilan Penyelenggaraan KLA Tahun 2024 Bisa Menjadi Penunjang Indikator Tumbuhnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Pemalang

    Dalam acara tersebut, ada sebanyak 50 warga Desa Botekan Kecamatan Ulujami menerima sertifikat hasil dari program Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) Lintas Sektor Usaha Mikro dan Kecil 2023. Penyerahan secara simbolis dilakukan Bupati Pemalang Mansur Hidayat di gedung olah raga desa setempat, Selasa (30/1/2024).

    Dalam statemen penutupnya Kepala Desa Botekan Trisnanto mewakili warganya mengucapkan terima kasih atas penyerahan sertifikat tersebut. Selain itu, dirinya juga berharap agar pada tahun mendatang desanya mendapatkan kuota SHAT lebih banyak dari pada tahun 2023 lalu.

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang sudah memberikan program SHAT kepada masyarakat Desa Botekan, yang kami harapkan di tahun berikutnya nanti bisa lebih (banyak dan hal ini yang dikehendaki masyarakat Desa Botekan)” pungkas Trisnanto. (Eko B Art)

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    eSIM XL Tidak Ada Layanan, Solusi Mengatasinya

    Di era digital ini, kemajuan teknologi semakin memudahkan kita dalam berkomunikasi dan berselancar di dunia maya. Salah satu perkembangan terbaru adalah penggunaan eSIM, yang...

    Korban Penganiayaan di Depok, Gegara Menegur Buang Sampah di Bantaran Kali “Lapor Polisi”

    Depok | VoA - Pengusaha konveksi berinisial JN dilaporkan ke Polisi oleh Solihin (60) terkait penganiayaan yang dilakukan oleh JN, gegara JN tidak terima...

    Menduga Kecurangan Rekapitulasi” Ning Lia Minta KPU Hapus Suara Siluman DPD RI di Sirekap Jatim

    Surabaya | VoA - Dugaan kecurangan sistemik dari Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi) KPU sebabkan jumlah pemilih di satu TPS tertulis lebih dari ratusan pemilih....

    Update Kondisi Solihin Korban Penganiayaan Joni Pengusaha Konveksi di Depok Memperihatinkan

    Depok | VoA - Setelah mendapatkan perawatan di rumah, kondisi Solihin korban penganiayaan pengusaha konveksi (Joni) semakin memburuk. "Pelaku memukuli korban secara terus-menerus ke arah...

    Ketum FGSNI dan Aksi Demo Memperjuangkan Anggaran Inpassing Tahun 2023

    Jakarta | VoA - Pada tanggal 13 Februari 2023, suasana gedung FGSNI dipenuhi semangat perjuangan. Ketua Umum FGSNI, Agus Mukhtar, bersama Kasubdit GTK RI,...

    Dampak Kekecewaan Konsumen Terhadap Pembangunan Perumahan PT Rumahku Surgaku Berbuntut Gugatan ke Pengadilan

    Tangerang | VoA - Pembangunan perumahan yang dipasarkan oleh PT Rumahku Surgaku melalui PT Fidemarko Maruchi Perkasa menimbulkan gelombang kekecewaan di kalangan konsumen. Ketidakpuasan...
    Berita terbaru
    Berita Terkait