26.4 C
Indonesia
Kam, 22 Februari 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Kamis, 22 Februari 2024 | 19:13:49 WIB

    Bawaslu Wonosobo Pastikan Suasana Ketenangan Sebelum Pemungutan Suara

    spot_img

    Wonosobo | VoA Tahapan Kampanye Pemilu 2024 akan segera berakhir, dan berdasarkan perhitungan hari, masa tenang akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada 11, 12, dan 13 Februari 2024.(10/2/2024)

    Menurut Pasal 1 angka 36 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas Kampanye Pemilu dalam bentuk apapun. Oleh sebab itu, pembersihan alat peraga kampanye (APK) akan menjadi fokus pada masa tenang ini.

    Baca juga:  Kembangkan dan Majukan Sekolah, Karena ini Bagian dari Pembangunan Kabupaten Pemalang

    Ketua Bawaslu Kabupaten Wonosobo, Sarwanto Priadhi, menyampaikan bahwa masa tenang bertujuan untuk memberikan suasana tenang bagi masyarakat sebagai calon pemilih agar bisa memantapkan pilihan politiknya.

    “Masa tenang bertujuan untuk memberikan suasana tenang bagi masyarakat sebagai calon pemilih agar bisa berkontemplasi memantapkan pilihan politiknya. Ini sangat penting agar hak pilih yang dimiliki masyarakat dapat benar-benar digunakan secara tepat,” kata Sarwanto.

    Selain memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memilih secara tenang, masa tenang juga menjadi waktu bagi peserta pemilu untuk melakukan pembersihan APK dan persiapan saksi di TPS.

    Baca juga:  Rakor IGTKI PGRI Ampelgading, Sinergi untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Pembangunan Daerah

    “Sementara itu, bagi peserta pemilu masa tenang dapat digunakan untuk melakukan pembersihan APK dan bahan kampanye yang terpasang sejak awal kampanye. Selain itu, masa tenang juga bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan para saksi yang akan bertugas di TPS,” lanjutnya.

    Sarwanto juga mengingatkan agar tidak ada kegiatan politik uang selama masa tenang, sesuai dengan aturan yang diatur dalam Pasal 523 UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

    Baca juga:  Demonstrasi Atas Temuan Yang Telah Terjadi Adanya Pelanggaran Kampanye di Lembaga Pendidikan

    Selama masa tenang, Bawaslu Kabupaten Wonosobo akan melakukan kegiatan patroli untuk mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran di masa kampanye.

    “Dengan kekuatan 45 Pengawas Kecamatan, 265 Pengawas Desa/Kelurahan, dan 3.091 Pengawas TPS; Bawaslu akan lakukan pengawasan secara intensif melalui patroli di wilayah kerja masing-masing pengawas,” tegasnya.

    Suasana tenang di masa tenang ini diharapkan dapat memberikan ruang bagi masyarakat untuk memilih dengan pikiran yang jernih dan tanpa tekanan.(Herman)

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    eSIM XL Tidak Ada Layanan, Solusi Mengatasinya

    Di era digital ini, kemajuan teknologi semakin memudahkan kita dalam berkomunikasi dan berselancar di dunia maya. Salah satu perkembangan terbaru adalah penggunaan eSIM, yang...

    Korban Penganiayaan di Depok, Gegara Menegur Buang Sampah di Bantaran Kali “Lapor Polisi”

    Depok | VoA - Pengusaha konveksi berinisial JN dilaporkan ke Polisi oleh Solihin (60) terkait penganiayaan yang dilakukan oleh JN, gegara JN tidak terima...

    Update Kondisi Solihin Korban Penganiayaan Joni Pengusaha Konveksi di Depok Memperihatinkan

    Depok | VoA - Setelah mendapatkan perawatan di rumah, kondisi Solihin korban penganiayaan pengusaha konveksi (Joni) semakin memburuk. "Pelaku memukuli korban secara terus-menerus ke arah...

    Ketum FGSNI dan Aksi Demo Memperjuangkan Anggaran Inpassing Tahun 2023

    Jakarta | VoA - Pada tanggal 13 Februari 2023, suasana gedung FGSNI dipenuhi semangat perjuangan. Ketua Umum FGSNI, Agus Mukhtar, bersama Kasubdit GTK RI,...

    Dampak Kekecewaan Konsumen Terhadap Pembangunan Perumahan PT Rumahku Surgaku Berbuntut Gugatan ke Pengadilan

    Tangerang | VoA - Pembangunan perumahan yang dipasarkan oleh PT Rumahku Surgaku melalui PT Fidemarko Maruchi Perkasa menimbulkan gelombang kekecewaan di kalangan konsumen. Ketidakpuasan...

    Akhirnya Bawaslu Sultra Beli Rekomendasi 19 PSU dan 2 PSL

    Kendari | VoA –Akhirnya Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, ada 19 rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan dua Pemungutan Suara...
    Berita terbaru
    Berita Terkait