21.4 C
Indonesia
Kam, 13 Juni 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Kamis, 13 Juni 2024 | 8:49:49 WIB

    Bangun Kualitas Pendidikan, Siti Chaerijah Aurijah Ajak Guru Depok Aktif Diprogram Ini

    spot_img

    Depok | VoA – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah, mengajak seluruh guru di wilayahnya untuk aktif mengikuti program Guru Penggerak. Program ini dianggap sebagai langkah penting dalam menciptakan pemimpin di setiap sekolah yang mampu berinovasi dan bertransformasi, khususnya di tengah implementasi kurikulum merdeka.

    Dalam sarasehan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 PGRI Kota Depok dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023, Siti Chaerijah Aurijah menegaskan pentingnya peran Guru Penggerak sebagai agen perubahan di dunia pendidikan.

    Baca juga:  HBS Terus Bergerak Dukung Kesehatan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Depok

    “Terlebih dengan adanya implementasi kurikulum merdeka yang memberi keleluasaan kepada guru untuk ikut bergabung menjadi calon guru penggerak. Jadi kami dorong seluruh guru agar ikut program ini,” ujarnya, Selasa (28/11/23)

    Guru Penggerak, yang merupakan program pendidikan kepemimpinan, diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia (Kemenbudristek). Program ini memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan diri melalui refleksi, berbagi pengalaman, dan kolaborasi mandiri.

    Menurut Siti Chaerijah Aurijah, proses pendidikan Guru Penggerak berlangsung selama enam bulan, mencakup aspek pembelajaran dan metodologi pengajaran yang efektif. Dengan demikian, guru penggerak dapat menggali potensi peserta didik untuk terus dikembangkan.

    Baca juga:  Memori Indah di Zona Madina, Suksesnya MPLS SMP PGRI 1 Parung

    “Calon guru penggerak ini ada prosesnya selama enam bulan. Baik untuk pembelajarannya maupun bagaimana metodologi yang efektif diterapkan. Dengan begitu guru penggerak bisa menggali potensi peserta didik agar terus dikembangkan,” jelasnya.

    Siti Chaerijah juga mengungkapkan beberapa tugas yang diemban oleh guru penggerak diantaranya termasuk menggerakkan komunitas belajar di sekolah dan wilayahnya, menjadi pengajar praktik bagi rekan guru, serta mendorong peningkatan kepemimpinan murid.

    Baca juga:  RPJPD Kota Depok 2025-2045, Fraksi Gerinda Berikan Catatan Penting

    Guru penggerak juga diharapkan membuka ruang diskusi positif dan kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan, baik di dalam maupun di luar sekolah, guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Siti Chaerijah Aurijah berharap agar para guru mau dan mampu meningkatkan kompetensi mereka, tidak hanya dari segi keprofesionalan, tetapi juga dalam hal kepribadian dan sosial. Dengan demikian, pendidikan di Kota Depok dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi peserta didik serta masyarakat secara luas. (ed)

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

    Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

    Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

    Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

    Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

    Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

    Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

    Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

    Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

    Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...

    Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

    Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...
    Berita terbaru
    Berita Terkait