26.4 C
Indonesia
Kam, 22 Februari 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Kamis, 22 Februari 2024 | 19:05:17 WIB

    Bangun Kualitas Pendidikan, Siti Chaerijah Aurijah Ajak Guru Depok Aktif Diprogram Ini

    spot_img

    Depok | VoA – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah, mengajak seluruh guru di wilayahnya untuk aktif mengikuti program Guru Penggerak. Program ini dianggap sebagai langkah penting dalam menciptakan pemimpin di setiap sekolah yang mampu berinovasi dan bertransformasi, khususnya di tengah implementasi kurikulum merdeka.

    Dalam sarasehan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 PGRI Kota Depok dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023, Siti Chaerijah Aurijah menegaskan pentingnya peran Guru Penggerak sebagai agen perubahan di dunia pendidikan.

    Baca juga:  Gathering dan Kompetisi Jampang English Village

    “Terlebih dengan adanya implementasi kurikulum merdeka yang memberi keleluasaan kepada guru untuk ikut bergabung menjadi calon guru penggerak. Jadi kami dorong seluruh guru agar ikut program ini,” ujarnya, Selasa (28/11/23)

    Guru Penggerak, yang merupakan program pendidikan kepemimpinan, diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia (Kemenbudristek). Program ini memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan diri melalui refleksi, berbagi pengalaman, dan kolaborasi mandiri.

    Menurut Siti Chaerijah Aurijah, proses pendidikan Guru Penggerak berlangsung selama enam bulan, mencakup aspek pembelajaran dan metodologi pengajaran yang efektif. Dengan demikian, guru penggerak dapat menggali potensi peserta didik untuk terus dikembangkan.

    Baca juga:  JUMANTARA ASHA MENUJU KAMPUS IMPIAN, Mengupas Tahapan Seleksi Lomba Esai IMP UNDIP Fair 2024

    “Calon guru penggerak ini ada prosesnya selama enam bulan. Baik untuk pembelajarannya maupun bagaimana metodologi yang efektif diterapkan. Dengan begitu guru penggerak bisa menggali potensi peserta didik agar terus dikembangkan,” jelasnya.

    Siti Chaerijah juga mengungkapkan beberapa tugas yang diemban oleh guru penggerak diantaranya termasuk menggerakkan komunitas belajar di sekolah dan wilayahnya, menjadi pengajar praktik bagi rekan guru, serta mendorong peningkatan kepemimpinan murid.

    Baca juga:  Politisi Gerindra Sebut Penanganan Stunting di Depok Bernuansa Politis

    Guru penggerak juga diharapkan membuka ruang diskusi positif dan kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan, baik di dalam maupun di luar sekolah, guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Siti Chaerijah Aurijah berharap agar para guru mau dan mampu meningkatkan kompetensi mereka, tidak hanya dari segi keprofesionalan, tetapi juga dalam hal kepribadian dan sosial. Dengan demikian, pendidikan di Kota Depok dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi peserta didik serta masyarakat secara luas. (ed)

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    eSIM XL Tidak Ada Layanan, Solusi Mengatasinya

    Di era digital ini, kemajuan teknologi semakin memudahkan kita dalam berkomunikasi dan berselancar di dunia maya. Salah satu perkembangan terbaru adalah penggunaan eSIM, yang...

    Korban Penganiayaan di Depok, Gegara Menegur Buang Sampah di Bantaran Kali “Lapor Polisi”

    Depok | VoA - Pengusaha konveksi berinisial JN dilaporkan ke Polisi oleh Solihin (60) terkait penganiayaan yang dilakukan oleh JN, gegara JN tidak terima...

    Update Kondisi Solihin Korban Penganiayaan Joni Pengusaha Konveksi di Depok Memperihatinkan

    Depok | VoA - Setelah mendapatkan perawatan di rumah, kondisi Solihin korban penganiayaan pengusaha konveksi (Joni) semakin memburuk. "Pelaku memukuli korban secara terus-menerus ke arah...

    Ketum FGSNI dan Aksi Demo Memperjuangkan Anggaran Inpassing Tahun 2023

    Jakarta | VoA - Pada tanggal 13 Februari 2023, suasana gedung FGSNI dipenuhi semangat perjuangan. Ketua Umum FGSNI, Agus Mukhtar, bersama Kasubdit GTK RI,...

    Dampak Kekecewaan Konsumen Terhadap Pembangunan Perumahan PT Rumahku Surgaku Berbuntut Gugatan ke Pengadilan

    Tangerang | VoA - Pembangunan perumahan yang dipasarkan oleh PT Rumahku Surgaku melalui PT Fidemarko Maruchi Perkasa menimbulkan gelombang kekecewaan di kalangan konsumen. Ketidakpuasan...

    Akhirnya Bawaslu Sultra Beli Rekomendasi 19 PSU dan 2 PSL

    Kendari | VoA –Akhirnya Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, ada 19 rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan dua Pemungutan Suara...
    Berita terbaru
    Berita Terkait