28.4 C
Indonesia
Kam, 22 Februari 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Kamis, 22 Februari 2024 | 17:57:41 WIB

    JUMANTARA ASHA MENUJU KAMPUS IMPIAN, Mengupas Tahapan Seleksi Lomba Esai IMP UNDIP Fair 2024

    spot_img

    Pemalang | VoA – Lomba esai “JUMANTARA ASHA MENUJU KAMPUS IMPIAN” yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Pemalang (IMP) UNDIP Fair Tahun 2024 merupakan sebuah kompetisi yang mempertemukan pemuda-pemudi kreatif dari seluruh Indonesia. Lomba ini memiliki beberapa tahapan seleksi yang ketat, menurut penjelasan Dr.Ir. Fahmi Arifan, ST, M.Eng, IPM selaku Pembina IMP UNDIP sekaligus dewan juri diantaranya adalah:

    1. Penilaian Proposal; Tahapan awal seleksi lomba esai ini dimulai dengan penilaian proposal. Peserta diharapkan dapat menyajikan ide dan gagasan mereka secara tertulis untuk mendapatkan nilai awal dari dewan juri.
    2. Penilaian Presentasi; Tahapan kedua melibatkan penilaian dari presentasi. Peserta yang lolos tahap proposal akan diundang untuk mempresentasikan ide mereka secara langsung di hadapan dewan juri.
    3. Seleksi 15 Besar Nasional; Dari 160 peserta yang mendaftar dari seluruh Indonesia, hari ini dipilih 15 besar Nasional. Seleksi ini menjadi tonggak penting menuju grand final lomba esai.
    4. Presentasi Hibryd (Online dan Offline); Grand final dilaksanakan melalui presentasi hibryd, menggabungkan format online dan offline. Ini memungkinkan peserta dari berbagai daerah untuk tetap terlibat dalam kompetisi tanpa terkendala jarak.
    Baca juga:  Bandeng Salto Ciptakan Meriah Baru di Perayaan HUT Kabupaten Pemalang ke-449

    Fahmi Arifan menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian road show Ikatan Mahasiswa Pemalang (IMP) Fair Tahun 2024. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menggali kemampuan dan pengalaman anak bangsa dalam bidang kreativitas dan inovasi. Sub tema lomba mencakup Manajemen Lingkungan, Renewable Energy, Ekonomi Kreatif, dan Ketahanan Pangan.

    Ika Pratiwi, S.E., M.Ak, dosen administrasi pajak kampus batang Universitas Diponegoro dan dewan juri kedua, menekankan bahwa lomba esai ini bertujuan untuk mencari bakat, mengembangkan ilmu, dan mengenali potensi sumber daya manusia dengan pendekatan sumber daya alam yang melimpah.

    Baca juga:  PGRI Pemalang Menolak Hasil KLB di Surabaya, Dr. Unifah Rosyidi Adalah PB PGRI yang Sah dan Terbukti Secara Pengakuan De Facto dan De Jure

    Dari sub tema yang telah ditentukan, peserta diharapkan dapat menemukan karya ilmiah yang dapat menjadi bekal untuk memajukan Indonesia. Ika Pratiwi memberikan motivasi bahwa meskipun hanya ada tiga juara, semua ide dan gagasan yang disampaikan sangat luar biasa. Bagi peserta yang belum meraih kemenangan, diharapkan untuk tetap maju dan tidak berputus asa.

    Ketua Panitia Triska Ari Andini menambahkan bahwa lomba esai adalah bagian dari rangkaian kegiatan IMP tahunan untuk dunia pendidikan dan kebudayaan. Ada pula acara try out Expo kampus PTN dan PTS sebagai upaya untuk mensosialisasikan jalur masuk dan mengenalkan kampus kepada siswa-siswi SMA di Daerah Pemalang.

    Baca juga:  Peningkatan Pelayanan Publik, Evaluasi Pensiun dan Adaptasi Perubahan di BKD Pemalang

    Denaya Febrisa Maharani, Mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2022 dan Wakil Ketua Panitia, menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya meningkatkan wawasan ilmu bagi peserta, tetapi juga melatih kemampuan public speaking. Lomba esai ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang perkembangan diri dan kontribusi untuk Indonesia.

    Sebagai informasi tambahan, dalam grand final lomba esai IMP Undip tahun 2024, terdapat 15 peserta dari SMA seluruh Indonesia. Juara 3 berasal dari MAN 2 Kota Kediri, Juara 2 dari MA AL Iman Bulus Purworejo, dan Juara 1 dari Sekolah Merdeka Yogyakarta. Lomba esai ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi peserta untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan Indonesia secara keseluruhan (Eko B Art)

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    eSIM XL Tidak Ada Layanan, Solusi Mengatasinya

    Di era digital ini, kemajuan teknologi semakin memudahkan kita dalam berkomunikasi dan berselancar di dunia maya. Salah satu perkembangan terbaru adalah penggunaan eSIM, yang...

    Korban Penganiayaan di Depok, Gegara Menegur Buang Sampah di Bantaran Kali “Lapor Polisi”

    Depok | VoA - Pengusaha konveksi berinisial JN dilaporkan ke Polisi oleh Solihin (60) terkait penganiayaan yang dilakukan oleh JN, gegara JN tidak terima...

    Update Kondisi Solihin Korban Penganiayaan Joni Pengusaha Konveksi di Depok Memperihatinkan

    Depok | VoA - Setelah mendapatkan perawatan di rumah, kondisi Solihin korban penganiayaan pengusaha konveksi (Joni) semakin memburuk. "Pelaku memukuli korban secara terus-menerus ke arah...

    Ketum FGSNI dan Aksi Demo Memperjuangkan Anggaran Inpassing Tahun 2023

    Jakarta | VoA - Pada tanggal 13 Februari 2023, suasana gedung FGSNI dipenuhi semangat perjuangan. Ketua Umum FGSNI, Agus Mukhtar, bersama Kasubdit GTK RI,...

    Dampak Kekecewaan Konsumen Terhadap Pembangunan Perumahan PT Rumahku Surgaku Berbuntut Gugatan ke Pengadilan

    Tangerang | VoA - Pembangunan perumahan yang dipasarkan oleh PT Rumahku Surgaku melalui PT Fidemarko Maruchi Perkasa menimbulkan gelombang kekecewaan di kalangan konsumen. Ketidakpuasan...

    Akhirnya Bawaslu Sultra Beli Rekomendasi 19 PSU dan 2 PSL

    Kendari | VoA –Akhirnya Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, ada 19 rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan dua Pemungutan Suara...
    Berita terbaru
    Berita Terkait