close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

34 C
Jakarta
Sabtu, Juli 27, 2024

Jokowi Resmikan Tol Cinere-Pamulang-Raya Bogor, Nilai Investasinya Capai Rp. 4 Triliun

spot_img

Depok | VoA – Presiden Joko Widodo secara resmi meresmikan ruas Tol Jalan Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Gate Tol Limo Utama, Depok, Jawa Barat. Acara peresmian dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Mendag Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Senin (8/1/2024)

Ruas tol ini menjadi bagian integral dari sistem jalan tol Jabodetabek, memberikan kontribusi signifikan dalam melayani arus mudik dan balik selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Dengan total investasi mencapai Rp 4 triliun, jalan tol ini memiliki panjang sekitar 14,8 km, memberikan tambahan keberlanjutan pada jaringan struktur tol di wilayah Jabodetabek.

Baca juga:  Fahmi Khaidir, Caleg PKB Membawa Harapan Lewat 5 Program Unggulan untuk Masyarakat Depok

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan rasa syukur, “Alhamdulillah pagi hari ini kita resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor dengan total panjang 14,8 km dengan total investasi Rp 4 triliun. Jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, ada lingkar dalam, ada JORR 1, JORR 2, dan jalan tol yang kita resmikan ini adalah bagian dari JORR 2.”

Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya penyelesaian proyek ini oleh Kementerian PUPR dalam waktu dekat, dengan target penyelesaian pada kuartal II. “Beberapa kilometer lagi akan bisa diselesaikan di kuartal kedua tahun ini, dan pengoperasian jalan tol ini akan memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Cibubur-Bogor-Tangerang, untuk masuk ke Soetta tanpa harus melewati pusat kota,” ujar Jokowi.

Baca juga:  Dua Hal Ini Jadi Prioritas Veronica Wiwin Widarini
Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Indra Gunawan turut hadir mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto pada peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor oleh Presiden RI Joko Widodo di Kecamatan Limo, Senin, (08/01/24). (Foto : dok. BPN Depok)

Sementara itu, Kepala BPN Kota Depok, Indra Gunawan mengungkapkan progres pembebasan lahan untuk proyek ini. Target pembebasan lahan mencapai 4.338 bidang dengan luas 144,3100 hektare, dan hingga Desember 2023, sudah terealisasi sebanyak 4.279 bidang atau 98,63 persen dari target.

“Progres yang cukup menggembirakan, dengan sisa bidang tanah yang belum dibebaskan di Kecamatan Limo berupa 59 bidang jalur lingkar tambahan/loop dan 3 bidang dalam ROW. Termasuk validasi, musyawarah, penilaian, dan konsinyasi,” ujar Indra.

Baca juga:  LSM Pemuda Awasi Audit Harta Kekayaan Pejabat

“Untuk validasi ada 33 bidang, pada tahap musyawarah 25 bidang sementara tahap penilaian 3 bidang. Nah untuk tahap konsinyasi ada satu bidang,” lanjutnya.

Dengan total investasi sebesar Rp4 triliun, Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, termasuk JORR 1 dan JORR 2. Presiden Joko Widodo berharap kehadiran jalan tol ini dapat memberikan lebih banyak alternatif bagi masyarakat, meningkatkan mobilitas, mengurangi kemacetan, dan memperlancar mobilitas orang serta barang. (ed)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait