23.4 C
Indonesia
Ming, 14 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Minggu, 14 April 2024 | 18:47:48 WIB

    Jokowi Resmikan Tol Cinere-Pamulang-Raya Bogor, Nilai Investasinya Capai Rp. 4 Triliun

    spot_img

    Depok | VoA – Presiden Joko Widodo secara resmi meresmikan ruas Tol Jalan Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Gate Tol Limo Utama, Depok, Jawa Barat. Acara peresmian dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Mendag Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Senin (8/1/2024)

    Ruas tol ini menjadi bagian integral dari sistem jalan tol Jabodetabek, memberikan kontribusi signifikan dalam melayani arus mudik dan balik selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Dengan total investasi mencapai Rp 4 triliun, jalan tol ini memiliki panjang sekitar 14,8 km, memberikan tambahan keberlanjutan pada jaringan struktur tol di wilayah Jabodetabek.

    Baca juga:  Longsor di Kali Ciledug, Respons Kilat Satgas DPUPR Kota Depok

    Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan rasa syukur, “Alhamdulillah pagi hari ini kita resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor dengan total panjang 14,8 km dengan total investasi Rp 4 triliun. Jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, ada lingkar dalam, ada JORR 1, JORR 2, dan jalan tol yang kita resmikan ini adalah bagian dari JORR 2.”

    Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya penyelesaian proyek ini oleh Kementerian PUPR dalam waktu dekat, dengan target penyelesaian pada kuartal II. “Beberapa kilometer lagi akan bisa diselesaikan di kuartal kedua tahun ini, dan pengoperasian jalan tol ini akan memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Cibubur-Bogor-Tangerang, untuk masuk ke Soetta tanpa harus melewati pusat kota,” ujar Jokowi.

    Baca juga:  Jum'at Curhat, Dialog Akrab Kapolres Metro Depok dengan Warga
    Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Indra Gunawan turut hadir mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto pada peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor oleh Presiden RI Joko Widodo di Kecamatan Limo, Senin, (08/01/24). (Foto : dok. BPN Depok)

    Sementara itu, Kepala BPN Kota Depok, Indra Gunawan mengungkapkan progres pembebasan lahan untuk proyek ini. Target pembebasan lahan mencapai 4.338 bidang dengan luas 144,3100 hektare, dan hingga Desember 2023, sudah terealisasi sebanyak 4.279 bidang atau 98,63 persen dari target.

    “Progres yang cukup menggembirakan, dengan sisa bidang tanah yang belum dibebaskan di Kecamatan Limo berupa 59 bidang jalur lingkar tambahan/loop dan 3 bidang dalam ROW. Termasuk validasi, musyawarah, penilaian, dan konsinyasi,” ujar Indra.

    Baca juga:  Persiapan Ketat Bawaslu Menghadapi Masa Tenang Pemilu 2024

    “Untuk validasi ada 33 bidang, pada tahap musyawarah 25 bidang sementara tahap penilaian 3 bidang. Nah untuk tahap konsinyasi ada satu bidang,” lanjutnya.

    Dengan total investasi sebesar Rp4 triliun, Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, termasuk JORR 1 dan JORR 2. Presiden Joko Widodo berharap kehadiran jalan tol ini dapat memberikan lebih banyak alternatif bagi masyarakat, meningkatkan mobilitas, mengurangi kemacetan, dan memperlancar mobilitas orang serta barang. (ed)

    spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Berita Terpopuler

    Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

    Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

    Ketua DPC PDI-Perjuangan Mubar Siap Maju di Pilkada Mubar

    MUBAR| VoA - Meski Pleno KPU Kabupaten Muna Barat belum selesai dilaksanakan tapi sudah bisa dipastikan pada pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)...

    Korban Penganiayaan di Depok, Gegara Menegur Buang Sampah di Bantaran Kali “Lapor Polisi”

    Depok | VoA - Pengusaha konveksi berinisial JN dilaporkan ke Polisi oleh Solihin (60) terkait penganiayaan yang dilakukan oleh JN, gegara JN tidak terima...

    Kiprah Khofifah di Dunia Politik dari Gus Dur Hingga Jokowi Berikut Keponakannya, Lia Istifhama

    Surabaya | VoA- Jika Anda seorang yang menyukai sejarah, maka wanita ini menjadi salah satu yang patut anda selisik lagi kehebatannya dalam sejarah politik...

    Babak Baru Kriminalisasi Pejuang Buruh Perempuan Jawa Timur

    Surabaya | VoA - Dwi merupakan buruh perempuan yang bekerja di PT. Mentari Nawa Satria atau dikenal Kowloon Palace Surabaya pada bagian staff accounting dengan...

    Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

    Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
    Berita terbaru
    Berita Terkait