close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Jakarta
Jumat, Juli 26, 2024

Menteri AHY Dukung Indra Gunawan untuk Hantam Mafia Tanah

spot_img

DEPOK | VoA –  Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyampaikan pesan tegas kepada Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok, Indra Gunawan, untuk tidak gentar dalam memberantas mafia tanah.

Instruksi ini disampaikan langsung di hadapan Kapolres Metro Kota Depok, Kombes Pol. Arya Perdana, dan Dandim 0508 Depok, Kol. Inf. Iman Widhiarto, setelah meninjau pengukuran tanah oleh petugas dalam rangka Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas), Kamis (06/06/2024).

“Pak Indra, jangan ragu ya, gebuk saja mafia tanah. Kebetulan ada Pak Kapolres di sini, koordinasikan, sikat saja!” tegas Menteri AHY di hadapan warga, disaksikan juga oleh Kakanwil BPN Provinsi Jawa Barat, Yuniar Hikmat Ginanjar, dan jajaran BPN Kota Depok.

Baca juga:  Ahli Waris Lahan Bojong-Bojong Malaka Sebut Tak Mengenal Kasno

AHY juga menegaskan bahwa dalam setiap kunjungan kerjanya ke berbagai daerah, ia selalu mendorong jajaran Kantor Pertanahan di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk mengambil langkah-langkah serius, cepat, dan terukur dalam menghadapi indikasi mafia tanah.

“Di setiap daerah saya sampaikan demikian. Ambil langkah cepat dan konkrit saja, ini upaya kita memerangi praktik mafia tanah yang meresahkan masyarakat,” tambah AHY.

Menteri AHY juga memastikan bahwa pemerintah pusat, khususnya Kementerian ATR/BPN, akan memberikan dukungan penuh kepada Kantor Pertanahan Kota Depok dalam upaya penegakan keadilan dan hukum.

Baca juga:  Optimisme Yeti Wulandari Tingkatkan Pariwisata dan Prestasi Atlet Kota Depok Melalui Festival Olahraga Perahu Naga

Selain itu, AHY mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam mengawasi dan melaporkan segala bentuk kecurangan yang terjadi di sektor pertanahan.

Menanggapi arahan Menteri AHY, Kepala BPN Kota Depok, Indra Gunawan, mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan.

“Terima kasih Pak Menteri. Di hadapan kami, ada Pak Kapolres dan jajaran. Upaya koordinasi terhadap kejahatan bidang pertanahan selalu kami sampaikan. Alhamdulillah, koordinasi selama ini berjalan baik,” jelas Indra Gunawan.

Acara yang berlangsung di Jalan Cibinong Tapos, Gang Bakti Suci, Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos, Kota Depok tersebut dihadiri oleh Dirjen SPPR, Virgo Eresta Jaya; Staf Ahli Menteri Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemda, Yulia Jaya Nirmawati.

Baca juga:  Reses Anggota DPRD Kota Depok, H. Hamzah Dapat Apresiasi Tinggi dari Warga Sukamaju

Hadir juga, Stafsus Menteri Bidang Hukum dan Perundang-undangan, Sigit Raditya; Kabiro Humas, Lampri; Sesditjen SPPR, Fitriani Hasibuan; Direktur Survei dan Pemetaan Tematik, Agus Wahyudi; Direktur Pengukuran Pemetaan Dasar dan Ruang, Herijon Pangabean; serta para Tenaga Ahli Menteri dan Kabid Survei dan Pemetaan Kanwil Provinsi Jabar, Nono Suharton.

Sebagai informasi, Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 18 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penetapan Hak Pengelolaan dan Hak Atas Tanah merupakan salah satu instrumen hukum yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam melawan mafia tanah. (ed)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terpopuler

Hemat Menyala Mitra Merana”  Isi Pesan Karangan Bunga yang Dikirim ke Kantor Gojek

Surabaya | VoA - Para mitra pengemudi Gocar mengirimkan karangan bunga kepada Gojek sebagai aksi damai menolak insentif dengan skema Hemat. Informasi yang telah dihimpun voa.co.id...

Seduluran Abdi Dalem Eyang Joko Dolog serta KPJ dan Warga RW 02 Kompak Bagi Takjil On the Road

Surabaya | VoA - Moment Ramadan tahunan ini selalu dimanfaatkan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) kota Surabaya untuk berbagi takjil dan buka bersama baik On the...

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Kritik Towel Salah Alamat

Surabaya | VoA - Pengamat sepak bola Asean Saleh Ismail Mukadar ikut meramaikan laga Timnas Indonesia. Ia mengatakan sebenarnya yang melakukan kritik terhadap Timnas...

Tahanan Kasus Tipu Gelap Polsek Dukuh Pakis Kabur, Empat Polisi Diperiksa Propam Polrestabes Surabaya

Surabaya | VoA - Saat kepolisian sibuk mengamankan arus mudik dan arus balik lebaran 2024, seorang tahanan Polsek Dukuh Pakis kabur pada Jumat (12/04/2024)...

Fenomena Sosial Warung Madura Cukup Menarik Dikaji, Polemik Ini Direspon Senator Jatim dan Dinkopdag kota Surabaya

Surabaya | VoA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyatakan tidak pernah melarang warung-warung Madura beroperasi 24 jam. Alasannya karena toko kelontong Madura...

Gerak Cepat, Polsek Cimanggis Buru Pelaku “Penggelapan Sepeda Motor” Dengan Modus Terima Gadai di Media Sosial

Depok | VoA - Ramai status motor digelapkan di Media Sosial Group Facebook "Info Gade motor / mobil Depok, Sawangan dan sekitarnya" korbannya capai...
Berita terbaru
Berita Terkait